Penjualan iPhone 15 Terjun Bebas di China, Diskon Besar-besaran Jadi Strategi

Penjualan iPhone 15 Terjun Bebas di China, Diskon Besar-besaran Jadi Strategi

Penjualan iPhone 15 Terjun Bebas di China, Diskon Besar-besaran Jadi Strategi-Ilustrasi-

PAGARALAMPOS.COM - Dalam enam minggu pertama tahun 2024, pasar smartphone China menyaksikan penurunan tajam dalam penjualan iPhone 15. 

Laporan dari Counterpoint Research menunjukkan penurunan sebesar 24% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Persaingan yang semakin ketat dari merek lokal seperti Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi menjadi salah satu faktor utama penurunan ini.

Para analis memperkirakan bahwa tren penurunan ini akan berlanjut hingga akhir tahun, memaksa Apple untuk memberikan diskon besar-besaran pada iPhone 15 di China. 

BACA JUGA:Bikin Kaget Infinix Hot 40 Pro Dibanderol 1 Jutaan, Intip Kecanggihan Smartphonenya

Di Indonesia, harga iPhone 15 dan iPhone 15 Plus turun hingga Rp 2,5 juta, sementara model Pro dan Pro Max mendapat potongan harga sekitar Rp 2 jutaan.

Menurut CNBC Internasional, tekanan terbesar bagi Apple datang dari Huawei, yang bisnis konsumennya mengalami kebangkitan signifikan setelah peluncuran Mate 60, smartphone terbaru mereka dengan konektivitas 5G. 

Meskipun menghadapi sanksi dari pemerintah AS yang membatasi akses ke chip dan teknologi penting, Huawei berhasil meningkatkan pengiriman unit ponsel pintarnya sebesar 64% YoY, sementara sub-brand mereka, Honor, mencatat kenaikan sebesar 2%.

BACA JUGA:Ini Dia TOP 5 Merek Smartphone Teratas, Pilihan Kamu Yang Mana

Sementara itu, merek lain seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi juga mengalami penurunan penjualan, namun tidak sebesar yang dialami oleh Apple. 

Oppo mencatat penurunan sebesar 29% YoY, Vivo 15%, dan Xiaomi 7%.

Huawei, yang pernah menjadi pemain terbesar di pasar smartphone global, kini kembali menantang dominasi Apple di China, terutama di segmen perangkat flagship. 

Peluncuran Mate 60 menandai kejutan besar di industri, terutama karena Huawei masih berada di bawah sanksi AS sejak 2019.

BACA JUGA:Smartphone Gahar, Yuk Cek Spesifikasi Lengkap Dan Harga Smartphine Infinix Note 30 Disini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: