Dielngkapi Radar, Aerostat Canggih Azerbaijan Mampu Deteksi Rudal dan Pesawat

Dielngkapi Radar,  Aerostat Canggih Azerbaijan  Mampu Deteksi Rudal dan Pesawat

PAGARALAMOOS.COM - Setelah berperang dengan Armenia terkait Nagorno-Karabakh, Azerbaijan dikabarkan membuat terobosan dalam adopsi sistem pertahanan udaranya.

Yakni dengan mengadopsi Aerostat Low Level Airborne Ground Surveillance System, serupa dengan yang selama ini digunakan oleh Israel, Arab Saudi dan Singapura.

Publikasi dari media Israel menyebut bahwa Azerbaijan diberitakan membeli balon observasi Sky Dew dari Israel, yang dilengkapi dengan sistem canggih untuk deteksi dini rudal dan pesawat.

Kemampuan Sky Dew adalah mendeteksi dan memberikan peringatan dini terhadap rudal jelajah di ketinggian rendah, drone, dan ancaman udara tingkat lanjut lainnya.

BACA JUGA:Norinco LD35 Mobile Air Defense SysteM, Kombinasi Kanon, Rudal Hanud, Laser dan Radar 3D

Untuk menjalankan misi tersebut, balon Aerostat ini dilengkapi dengan radar long range AFAR yang mampu memberikan pengawasan terus menerus selama beberapa hari dan mampu melacak hingga 500 target.

Dengan jangkauan deteksi lebih dari 250 km. Balon ini juga mampu menghindari gangguan dari darat, sehingga balon ini sangat berguna untuk mendeteksi ancaman yang terbang rendah.


Foto : Aerostat Azerbaijan.-Dielngkapi Radar, Aerostat Canggih Azerbaijan Mampu Deteksi Rudal dan Pesawat-Indomiliter.com

Long-range AFAR (Active Electronically Scanned Array Radar) adalah radar dengan kemampuan pemindaian aktif secara elektronik yang dirancang untuk jarak jauh.

Radar ini menggunakan antena yang terdiri dari modul transmisi dan penerima yang terpisah secara individual.

BACA JUGA:Sistem Hanud Pantsir SM-SV Tuntas Uji Coba, Dipasangi Jangkauan Radar Lebih Jauh

Setiap modul dapat dikontrol secara independen untuk mengarahkan pulsa radar ke arah yang berbeda-beda tanpa harus memindahkan seluruh antena secara fisik.

Keuntungan utama dari AFAR adalah kemampuannya untuk menghasilkan pulsa radar dengan kekuatan yang tinggi dan dapat diarahkan secara elektronik.

Sehingga memungkinkan radar untuk melacak target dengan lebih akurat dan cepat, serta memberikan informasi yang lebih detail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: