Eksplorasi Kuliner Sumatera Selatan: Menyantap Lezatnya Fusion Budaya Melayu dan Tionghoa

Eksplorasi Kuliner Sumatera Selatan: Menyantap Lezatnya Fusion Budaya Melayu dan Tionghoa

Eksplorasi Kuliner Sumsel: Lezatnya Perpaduan Budaya Melayu dan Tionghoa-Eksplorasi Kuliner Sumsel: Lezatnya Perpaduan Budaya Melayu dan Tionghoa-

PAGARALAMPOS.COM – Sumatera Selatan, bagian integral dari Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi, menawarkan berbagai kuliner khas yang unik.

Kuliner di daerah ini mencerminkan warisan budaya suku-suku yang ada, dengan setiap sajian memiliki cerita dan latar belakangnya masing-masing.

Mari kita eksplorasi beberapa hidangan khas dari suku-suku yang ada di Sumatera Selatan dan pelajari lebih dalam tentang asal-usulnya:

Kuliner Khas dari Berbagai Suku di Sumatera Selatan:

1. Suku Basemah atau Pasemah

   Burgo adalah hidangan khas dari Suku Basemah. Terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak tipis menyerupai dadar, Burgo disajikan dengan kuah santan yang gurih.

Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan telur rebus atau laksan, yang merupakan adonan ikan dalam kuah santan. Teksturnya lembut dan kuahnya kental, memberikan cita rasa yang unik.

2. Suku Palembang

   Pempek merupakan makanan terkenal dari Suku Palembang. Dibuat dari ikan tenggiri yang digiling dan dicampur tepung, pempek bisa digoreng atau dikukus dan disajikan dengan cuko, kuah cuka pedas manis.

Ada berbagai varian pempek seperti kapal selam, lenjer, adaan, dan kulit, yang semuanya menggunakan ikan tenggiri segar.

3. Suku Musi atau Rejang

   Tekwan adalah hidangan dari Suku Musi atau Rejang yang terdiri dari bola-bola adonan ikan dimasak dalam kuah udang.

Tekwan disajikan bersama bihun, jamur kuping, dan bawang goreng. Rasa segar dan gurih dari tekwan berasal dari penggunaan udang kering dalam kuahnya.

4. Suku Komering

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: