Penuh Misteri, Rupanya Ada Sedikit Kejanggalan di Situs Gunung Padang!

Penuh Misteri, Rupanya Ada Sedikit Kejanggalan di Situs Gunung Padang!

Penuh Misteri, Rupanya Ada Sedikit Kejanggalan di Situs Gunung Padang!-net-

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Padang merupakan salah satu cagar budaya Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri. Banyak orang menyebut Gunung Padang sebagai “Piramida” tertua di Dunia. Lantas, bagaimana sebenarnya awal mula penemuan situs tersebut?

Gunung Padang merupakan sebuah situs purbakala yang terletak di desa Karyamukti, kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Keberadaan situs seluas 291.800 meter persegi ini sempat menarik perhatian masyarakat beberapa waktu lalu karena dianggap sebagai struktur piramida tertua. Keberadaan Gunung Padang  diketahui  ketika ditemukan oleh N.J. Krom.

Dia menemukan situs tersebut pada tahun 1914  dan melaporkannya di Rapporten Oudheidkundige Dienst. Saat itu, N.J.Krom tidak menyebut nama situs yang ditemukan tersebut sebagai Gunung Padang. TIDAK. J.Krom hanya menyebut penemuan situs baru yang terletak di dekat Gunung Melati.

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Trenggalek Hits 2024, Punya Panorama yang Memikat di Pesisir Selatan Jawa Timur

BACA JUGA:Wisata Peternakan Kuda Megastar di Batu Malang, Wisata dengan Suasana Alam yang Mengasyikkan

Dari situlah, Gunung Padang menjadi tempat penelitian, diperbincangkan publik, hingga ditemukan peninggalan purbakala tahun 1979.

Penemuan peninggalan purbakala dilaporkan oleh seorang warga dan sejak tahun 1979 penelitian digelar oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Badan tersebut sempat melakukan eksavasi (penggalian) pada teras 4 dan 5 Gunung Padang.

Berdasarkan pengamatan peneliti diketahui bahwa Gunung Padang adalah situs dengan bentuk pundek berundak.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Florawisata San Terra di Malang, Wisata dengan Beragam Spot Foto Keren!

BACA JUGA:Pulau Bawean Mempesona, 6 Lokasi Wisata yang Cocok Untuk Melepas Penat yang Punya Landskape Eksotis

Dilansir dari Peta Budaya Belajar Kemdikbud, situs ini adalah peninggalan masa prasejarah, tepatnya zaman megalitikum atau batu besar.

Bukti bahwa Gunung Padang adalah sisa-sisa dari zaman megalitikum dapat dilihat dari tinggalan bebatuan tempat pemujaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: