Gali Potensi Manfaat Labu Kuning yang Miliki Segudang Kebaikan untuk Tubuh

Gali Potensi Manfaat Labu Kuning yang Miliki Segudang Kebaikan untuk Tubuh

Gali Potensi Manfaat Labu Kuning yang Miliki Segudang Kebaikan untuk Tubuh -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Di Indonesia, labu kuning sering dijadikan bahan semur saat bulan puasa. Sementara di luar negeri, labu sering diukir dan dijadikan hiasan saat Halloween, serta bijinya dipanggang untuk menghiasi makanan. Namun, labu kuning tidak hanya mudah diolah tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Labu kuning, juga dikenal sebagai kabocha atau Boesenbergia pandurata, merupakan tanaman yang banyak tumbuh di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Walaupun kandungan nutrisinya tidak terlalu banyak, berbagai senyawa aktif seperti flavonoid menjadikan labu kuning bermanfaat bagi kesehatan.

Labu kuning mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Selain itu, labu kuning juga kaya akan vitamin B, K, asam folat, dan antioksidan seperti antosianin, kolin, lutein, dan karoten.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari labu kuning:

BACA JUGA:Tahukah Kamu Dibalik Kehangatannya Ternyata Wedang Jahe Miliki Ragam Manfaat untuk Kesehatan Loh!

BACA JUGA:Inilah Manfaat Baik Untuk Kesehatan Jika Kamu Suka Konsumsi Yogurt

1. Membuat Kenyang Lebih Lama

Labu kuning bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diet karena rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya akan serat yang membuat kenyang lebih lama. Ini membantu menghindari camilan berlebih yang dapat memicu kenaikan berat badan.

2. Menajamkan Penglihatan

Labu kuning kaya akan betakaroten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang membantu mencegah katarak dan memperlambat degenerasi makula.

3. Mempercantik Kulit

Labu kuning mengandung berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan muda. Kandungan betakaroten dalam labu kuning juga berpotensi membuat kulit terasa kenyal dan lembut.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: