Begini Cerita Misteri Puncak Jayawijaya, Ado Mitos Suku Dani Yang Misterius 

Begini Cerita Misteri Puncak Jayawijaya, Ado Mitos Suku Dani Yang Misterius 

PAGARALAMPOS.COM - Dimana puncak rertinggi di ndonesia? puncak Jayawijaya, gunung tertinggi di Indonesia sekaligus merupakan gunung tertinggi ke-2 di Benua Australia dengan ketingian mencapai 4.884 mdpl.

Tahukah kamu, jika Gunung Jaya Wijaya memiliki nama lain yaitu Cartenz Pyramid. Namun, perlu diketahui penamaan tersebut dimaksudkan untuk menghormati orang yang pertama kali menemukannya, seorang petualang berkebangasaan Belanda, yakni Jan Cartenz, pada tahun 1623.

Kala itu, ia dianggap pembohong karena mengaku pernah melihat sebuah gunung tertutup salju di kawasan tropis, Indonesia.

Dalam hukum alam yang dikenal sejak zaman dahulu mengatakan bahwa mustahil ditemukan salju pada kawasan yang berada di garis katulistiwa, termasuk di Indonesia. Namun nampaknya hukum alam tersebut tidak berpengaruh pada puncak gunung Jayawijaya.

BACA JUGA:Fantastis, Air Terjun Paling Tinggi di Indonesia, Begini Pesona Alam Tumpah Dari Ketinggian 250 Meter

Oleh karenanya, Jan Cartenz disebut pembohong, bahkan gila saat mengatakan bahwa di Indonesia, ia menemukan gunung Jayawijaya yang dilapisi salju.


Foto : Puncak Jayawijaya-Begini Cerita Misteri Puncak Jayawijaya, Ado Mitos Suku Dani Yang Misterius -Google.com

Hingga 300 tahun kemudian, omongan Jan Cartenz terbukti, gunung Cartenz Pyramid berdiri gagah berselimut salju di puncaknya.

Setelahnya, pada masa pembebasan tanah Irian dari penjajahan, namanya diubah menjadi Puncak Soekarno. Hal ini ditujukan untuk menghormati presiden pertama di Indonesia.

Kemudian, dengan campur tangan politik, pada tahun 1960an, pada masa pergantian orde lama kepada orde baru, namanya diubah kembali menjadi gunung Jayawijaya.

BACA JUGA:Misteri Gunung Puntang Dapatkan Perhatian Besar Para Penggemar Misteri Alam!

Hingga pada tahun 1962, untuk pertama kalinya puncak gunung Jayawijaya di jamahi oleh manusia. Adalah Heinrich Harrer yang berhasil melakukannya, ia dibantu oleh 3 anggota ekspedisi lainnya, yakni Russell Kippax, Bertus Huizenga dan Robert Philip Temple.

Pada artikel kali ini kita akan mengupas misteri seputar Gunung Jaya Wijaya.

1. Misteri Ketinggian yang Mengejutkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: