5 Desa Di Kecamatan Jarai Dan Pajar Bulan Diterjang Banjir, Bahkan Rumah Warga Hanyut!

5 Desa Di Kecamatan Jarai Dan Pajar Bulan Diterjang Banjir, Bahkan Rumah Warga Hanyut!

5 Desa Di Kecamatan Jarai Dan Pajar Bulan Diterjang Banjir, Bahkan Rumah Warga Hanyut! -Kolase-Foto : erick/PagaralamPos

Lahat, PAGARALAMPOS.COM - 5 Desa Di Kecamatan Jarai Dan Pajar Bulan Diterjang Banjir, Bahkan Rumah Warga Hanyut! 

Dikarenakan tingginya volume air yang disebabkan hujan deras, Ratusan Rumah Warga Di Desa Pelajaran, Pama Salak dan Nanti giri Kecamatan Jarai serta desa Ulak Bandung dan Pulau Terendam Air. 

Air hujan yang terus menerus mengguyur Kabupaten Lahat semenjak dini hari tadi sekitar pukul 03.00 wib hingga pagi ini sekitar 09.00 wib, Sabtu 27 Januari 2024, terutama sekali di Kecamatan Jarai dan Pajar Bulan, membuat debit air Sungai Mate Lintang meningkat.

Wilayah 3 serangkai yakni, Desa Pelajaran, Nanti Giri dan Pemasalak air, banjir merendam ratusan pemukiman penduduk dan juga jembatan berada di Desa Ulak Bandung, Kecamatan Pajar Bulan putus.

BACA JUGA:Mau Jadi Keluarga Kaya Raya? Nikahi Wanita dengan 6 Weton Ini. Rejeki Ngalir Terus!

BACA JUGA:Mengerikan, 4 Mitos Gunung Puntang Yang Menjadi Misteri

Idil Adha Kepala Desa (Kades) Pelajaran, Kecamatan Jarai, membenarkan, bahwasanya hujan yang terus turun, membuat aliran air Sungai Mate Lintang naik, dan membanjiri ratusan rumah.

"Air bah langsung saja masuk ke pelataran rumah penduduk, hingga ketinggian sepinggang orang dewasa, anak-anak dan orang tua lansia telah dievakuasi ke tempat yang aman," Ujar Idil.

Beruntungnya, sambung dirinya, tidak ada korban jiwa karena gerak cepat masyarakat dibantu Polsek Jarai, Koramil 405-08/Jarai dan pihak kecamatan.

BACA JUGA:Minuman Jahe dan Jeruk Nipis yang Sangat Bermanfaat Untuk Diet!

Alhamdulillah, semuanya bisa diantisipasi sejak dini, yang mana semuanya bergerak dengan baik untuk memindahkan warga ke tempat lebih tinggi, tambah kades.

Kini, masih katanya, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Pelajaran, Nanti Giri dan Pamasalak telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kecamatan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: