Ethiopia Terima Dua Unit Perdana Jet Tempur Sukhoi Su-30K, Bersamaan Drone Anka Turki

Ethiopia Terima Dua Unit Perdana Jet Tempur Sukhoi Su-30K, Bersamaan Drone Anka Turki

Foto : Pesawat Sukhoi pesanan Erhiopia.-Ethiopia Terima Dua Unit Perdana Jet Tempur Sukhoi Su-30K, Bersamaan Drone Anka Turki-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah mengirim batch perdana berupa dua unit jet tempur Sukhoi Su-30SME ke Angkatan Udara Myanmar, kini masih dalam keluarga Su-30, Rusia dikabarkan baru saja mengirim dua unit Sukhoi Su-30K ke Angkatan Udara Ethiopia.

Kedua pesawat Su-30 yang diterima Angkatan Udara Ethiopia memiliki nomor ekor Ethiopia “2401” dan “2402”.

Dikutip bmpd.livejournal.com (16/1/2024), pengumuman tibanya dua unit Su-30K dilakukan bersamaan dengan serah terima drone Anka buatan Turki.

Upacara serah terima Su-30K dihadiri oleh KSAU Ethiopia Marsekal Berhanu Jula dan Panglima Angkatan Bersenjata Ethiopia Letnan Jenderal Yilma Merdasa.

BACA JUGA:Ke UEA dan Arab Saudi Dengan Ilyushin Il-96, Vladimir Putin Dikawal Empat Unit Sukhoi Su-35

Sebelumnya Direktur Jenderal Rosoboronexport Alexander Mikheev mengungkapkan negosiasi yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ethiopia untuk memasok 18 unit jet tempur Su-30K.


Foto : Pesawat Sukhoi pesanan Erhiopia.-Ethiopia Terima Dua Unit Perdana Jet Tempur Sukhoi Su-30K, Bersamaan Drone Anka Turki-Indomiliter.com

Latar belakang pengadaan ini adalah India yang mengembalikan 18 unit Su-30 ke Rusia pada tahun 2003 karena dianggap kurangnya modernisasi, yang kemudian mendorong adanya diskusi antara Rusia dan Ethiopia pada Juli 2023.

Mikheev dalam konsultasi tersebut mengusulkan alternatif yang berfokusi pada peningkatan kemampuan tempur.

Yang di antaranya adalah modernisasi menyeluruh terhadap 18 unit jet tempur Su-30K eks India dalam jangka waktu 4 sampai 6 bulan, sembari menunggu penerimaan sumber keuangan dari pihak Ethiopia.

BACA JUGA:Sukhoi Su-35 Rusia Luluhlantakkan Stasiun Radar Ukraina, Ternyata Gunakan Rudal Jenis Ini

Ia menekankan bahwa empat Su-30K pertama sudah diperbaiki di pabrik pesawat lokal. “Jika ada pendanaan dari pelanggan.

"Kami siap memperbaiki, memodernisasi, dan mengirimkan seluruh batch dalam empat hingga enam bulan,” kata wakil kepala Rosoboronexport.

Akuisisi atas 18 unit Su-30K melengkapi aset Angkatan Udara Ethiopia yang saat ini mengoperasikan 17 unit Su-27, dan jet tempur generasi sebelumnya seperi MiG-23, MiG-21 dan Su-25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: