Sinopsis Film 5 cm dan Makna Kehidupan yang Terkandung di Dalamnya

Sinopsis Film 5 cm dan Makna Kehidupan yang Terkandung di Dalamnya

Sinopsis Film 5 cm dan Makna Kehidupan yang Terkandung di Dalamnya-tribunnews.com-tribunnews.com

PAGARALAMPOS.COM- 5 cm adalah novel ikarangan Donny Dhirgantoro yang dirilis pada tahun 2005. Novel 5 cm secara sederhana berisikan kisah tentang harapan, impian, tekad, cinta dan persahabatan.

Film 5 cm menceritakan tentang kisah 5 sahabat untuk menaklukkan puncak Mahameru di Gunung Semeru, Jawa Timur.

Film Indonesia bergenre drama petualangan ini merupakan adaptasi dari novel yang berjudul serupa karangan Donny Dhirgantoro.

Pertama kali tayang di bioskop Indonesia pada 2012, film 5 cm digarap Rizal Mantovani sebagai sutradara dan dibintangi oleh Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Saykoji, Raline Shah, dan Pevita Pearce. Penjualan novel maupun film 5 cm meledak di awal kemunculannya.

BACA JUGA:Udah Pernah Kesini Belum? Berikut Ini Deretan Tempat Wisata yang Lagi Hits di Majalengka

Menurut situs filmindonesia.or.id, film ini meraih box office pada 2012 dengan jumlah penonton sebanyak 2,5 juta orang.

Sedangkan versi novelnya menjadi best seller selama dua tahun berturut-turut, yakni pada 2005 dan 2006.

Tak hanya itu, film 5 cm juga mendapat 5 nominasi Piala Citra untuk kategori Film Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pengarah Artistik Terbaik.

Dari 5 kategori tersebut, film dengan durasi 125 menit ini berhasil memenangkan Pengarah Sinematografi Terbaik untuk Yudi Datau dalam Festival Film Indonesia 2013.

BACA JUGA:Catat! Inilah Daftar Surat Panjang yang Dianjurkan Dibaca Saat Sholat Subuh

Bagi sang sutradara, Rizal Mantovani, film 5 cm merupakan salah satu pencapaian terbaiknya. Sebelumnya, ia pernah memenangi Piala Citra Special Award lewat film garapannya, Kuldesak (1999).

Karakter Pemeran Film 5 cm

5 cm menghadirkan Fedi Nuril, Herjunot Ali, Igor Saykoji, Denny Sumargo, serta Raline Shah, yang berperan sebagai 5 sahabat pemeran utama film ini.

Kelima orang ini memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Genta (Fedi Nuril) adalah sosok yang bijaksana dan paling dewasa di antara keempat sahabatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: