Ukraina Klaim Tembak Dua Pesawat Intai Rusia, Yernyata faktanya Sepeeti Ini

Ukraina Klaim Tembak Dua Pesawat Intai Rusia, Yernyata faktanya Sepeeti Ini

Foto : Lokasi peawat intai rusia.-Ukraina Klaim Tembak Dua Pesawat Intai Rusia, Yernyata faktanya Sepeeti Ini-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM -  Meski baru konfirmasi sepihak, otoritas militer Ukraina telah mengumumkan bahwa telah menembak jatuh dua pesawat intai strategis Rusia pada hari Minggu (14/1/2024).

Kedua pesawat intai yang diklaim telah ditembak oleh sistem hanud Ukraina adalah Beriev A-50 dan Ilyushin Il-22M (Coot-B). Beriev A-50 adalah Airborne Early Warning and Control (AEW&C)/AWACS, sementara Ilyushin Il-22M adalah Airborne Command Post.

Sumber yang beredar menyebut kedua pesawat intai strategis Rusia itu ditembak jatuh saat terbang di atas Laut Azov (sea of Azov). Laut Azov berada di antara Ukraina dan Rusia.

Laut ini terhubung dengan Laut Hitam melalui Selat Kerch di sebelah timur laut dan dengan sungai-sungai utama seperti Don di utara dan Kalmius di barat daya.

BACA JUGA:IFV M2A2 Bradley Ukraina Lumpuhkan MBT- 90M Rusia Dalam Duel Jarak Dekat

Sejauh ini belum diketahui lebih lanjut tentang kabar jatuhnya Beriev A-50 dan Ilyushin Il-22M (ada kabar yang menyebut Il-22M berhasil melakukan pendaratan darurat dengan kondisi rusak parah)

Termasuk jenis rudal hanud yang digunakan oleh Ukraina. Melihat titik jatuh kedua pesawat yang berada jauh dari daratan Ukraina, maka jika klaim Ukraina benar, maka yang digunakan adalah jenis rudal hanud jarak jauh.

Beriev A-50

Beriev A-50 dikenal sebagai pesawat AEW&C yang mengandalkan radar putar (rotating radome). Dengan membawa piringan radar berukuran besar, Beriev A-50 membawa radar Vega-M dapat memindai sasaran di udara sejauh 650 km dan 300 km untuk sasaran di permukaan.

Radar Vega-M dengan diamater antena 9 meter dapat mendukung pergerakan (panduan) 10 unit jet tempur dalam misi serangan udara ke udara atau udara ke permukaan.

BACA JUGA:Belgia - Swedia Akuisisi Arquus, Pemasok Utama Kendaraan Militer Perancis

Sementara dalam moda intai, radar Vega-M mampu melacak 150 sasaran di udara secara simultan pada jarak 230 km. Sedangkan pelacakan kapal perang di permukaan dapat dilakukan dari 400 km.

Beriev A-50 menggunakan platform pesawat angkut berat Ilyushin Il-76. Dengan empat mesin jet, Beriev A-50 dapat terbang sejauh 7.500 meter dengan kecepatan maksimum 900 km per jam.

Pesawat yang diawaki 15 personel ini dapat mekakukan isi ulang di udara dengan dukugan pesawat tanker Ilyushin Il-78.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: