Pesona Pesawahan di Sekitar Gunung Patenggeng, Purwakarta

Pesona Pesawahan di Sekitar Gunung Patenggeng, Purwakarta

Pesona Pesawahan di Sekitar Gunung Patenggeng, Purwakarta--

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia dikenal sebagai rumah bagi banyak gunung berapi yang menakjubkan.

Di antara deretan gunung-gunung yang terkenal seperti Merapi, Semeru, dan Rinjani, terdapat satu gunung yang mungkin belum mendapat sorotan yang pantas: Gunung Patenggeng.

Terletak di Kampung Citukung, Desa Linggamukti, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Gunung Patenggeng mungkin bukan gunung berapi yang paling terkenal.

Meski sudah tidak aktif, keindahannya tak kalah menakjubkan.

BACA JUGA:Menjelajahi Kekayaan Alam di Gunung Papandayan, Destinasi Wisata Legendaris Garut

Purwakarta sendiri merupakan destinasi wisata yang beragam. Selain Waduk Jatiluhur, ada banyak destinasi alam menarik di daerah ini.

Beberapa gunung seperti Gunung Lembu, Gunung Bongkok, dan Gunung Parang menjadi daya tarik bagi para pendaki, meskipun Gunung Patenggeng belum begitu terkenal di kalangan mereka.

Walau mungkin belum populer di kalangan pendaki, pada peringatan 17 Agustus 2020, bendera merah putih raksasa pernah dikibarkan di puncak tebing Gunung Berapi Purba Patenggeng.

Sebagai gunung berapi purba yang sudah tidak aktif, Gunung Patenggeng menjadi saksi bisu dari masa lalu ketika daerah tersebut pernah menjadi tempat letusan gunung berapi purba.

BACA JUGA:Wajib Banget Dateng Kesini! Inilah 5 Wisata Gunung yang Hits di Jawa Timur

Dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan tebing yang lebarnya mencapai 100 meter, Gunung Patenggeng menawarkan pemandangan alam yang memukau.

Keindahannya terpancar dari tanah pinggiran di sekitarnya, terutama pesawahan yang menyejukkan mata di sekitar bukit batu ini.

Legenda Sangkuriang yang telah diabadikan oleh Bujangga Manik, bangsawan Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran pada abad ke-15 dan 16, mencatat nama Bukit Patenggeng. C

erita ini telah menjadi bagian dari sejarah tua daerah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: