6 Nama Daerah Penghasil Raja Buah Durian, Salah Satunya Ada Palembang!

6 Nama Daerah Penghasil Raja Buah Durian, Salah Satunya Ada Palembang!

6 Nama Daerah Penghasil Raja Buah Durian, Salah Satunya Ada Palembang!-ilustrasi-republika

PAGARALAMPOS.COM - Buah Durian adalah Buah di indonesia yang memiliki julukan rajanya Buah dikarenakan banyak digemari oleh semua orang.

Tak heran jika musim durian menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya di setiap daerah di indonesia.

Seperti yang Tercatat pada tahun 2021, Provinsi Jawa Timur menghasilkan 275.319 ton durian, jumlah tertinggi dibandingkan angka 10 daerah lainnya.

Beberapa negara menerima ekspor durian dari Jawa Timur, seperti Vietnam, Malaysia, dan China.

BACA JUGA: Polytron Fox-R Kuasai Panggung dengan Inovasi Motor Listrik Unggul, Cek Faktanya Disini!

Khususnya mencegah kanker, meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah  nyeri, mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan tulang.

Lalu dimanakah daerah dengan produksi durian terbesar di Jatim?

Dikutip beritajatim.com dari buku PDF Jatim Dalam Angka 2022, berikut ini 5 daerah teratas penghasil durian terbesar di Jawa Timur berdasarkan data BPS tahun 2021:

1. Pasuruan

Durian adalah komoditi hortikultura unggulan Kabupaten Pasuruan yang dibudidayakan di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Lumbang, Puspo, Tutur, Pasrepan, Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Kecamatan Sukorejo.

BACA JUGA:Tak Kalah Dengan Luar Negeri, Ini 5 Aquarium Terbesar yang Ada Di Indonesia!

Varietasnya yang dibudidayakan diantaranya jenis lokal seperti Durian Petruk, Kasmin dan Laron dan varietas Durian populer seperti Montong. Dari ketiganya jenis Petruk dan Montong menjadi andalan karena mempunyai ciri buah besar dan tebal, aroma buah kuat, rasa manis, serta biji kecil.

Dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Pasuruan penghasil Durian tersebut, terdapat destinasi yang sering dituju oleh beberapa pecinta Durian. Dua diantaranya berada di Kecamatan Tutur dan Purwosari.

2. Malang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: