6 Daerah Penghasilan Durian Terbesar di Indonesia, Adakah dari Tempat Kalian?

6 Daerah Penghasilan Durian Terbesar di Indonesia, Adakah dari Tempat Kalian?

6 Daerah Penghasilan Durian Terbesar di Indonesia, Adakah dari Tempat Kalian?-net-

PAGARALAMPOS.COM - Durian menjadi salah satu buah yang populer dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Beberapa daerah di tanah air merupakan penghasil Durian terbesar.

Provinsi Jawa Timur tidak kalah dari Provinsi lain dalam hal penghasil durian. Tercatat pada tahun 2021, Provinsi Jawa Timur menghasilkan 275.319 ton durian paling banyak dari data 10 daerah lainnya.

Selain kuantitas, kualitas durian dari Jawa Timur juga sudah taraf kualitas ekspor. Beberapa negara yang menerima ekspor durian dari Jawa Timur, seperti Vietnam, Malaysia dan Tiongkok

Melansir, Halodoc setidaknya ada lima manfaat durian untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Yaitu mencegah kanker, meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah munculnya nyeri, menghindari penuaan dini, dan menjaga kesehatan tulang.

BACA JUGA:Cek Disini! 4 Ban Motor Awet dan Tahan Lama!

BACA JUGA:Dusun Camp Bukti Nyata Desa Wisata di Pagar Alam

Lantas dimana saja daerah dengan produksi Durian terbesar di Jawa Timur?

Dikutip beritajatim.com dari buku PDF Jatim Dalam Angka 2022, berikut ini 5 daerah teratas penghasil durian terbesar di Jawa Timur berdasarkan data BPS tahun 2021:

1. Pasuruan

Durian adalah komoditi hortikultura unggulan Kabupaten Pasuruan yang dibudidayakan di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Lumbang, Puspo, Tutur, Pasrepan, Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Kecamatan Sukorejo.

BACA JUGA:Fakta Menarik! Inilah Keunikan Air Terjun Niagara yang Harus Kamu Tau

BACA JUGA:Pilihan HP Samsung A Series 2023, Berbagai Varian dan Harga yang Ditawarkan

Varietasnya yang dibudidayakan diantaranya jenis lokal seperti Durian Petruk, Kasmin dan Laron dan varietas Durian populer seperti Montong. Dari ketiganya jenis Petruk dan Montong menjadi andalan karena mempunyai ciri buah besar dan tebal, aroma buah kuat, rasa manis, serta biji kecil.

Dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Pasuruan penghasil Durian tersebut, terdapat destinasi yang sering dituju oleh beberapa pecinta Durian. Dua diantaranya berada di Kecamatan Tutur dan Purwosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: