Mesir Produksi Frigat, ENS Sajm Al Jabbar

Mesir Produksi Frigat, ENS Sajm Al Jabbar

Foto : Frigat buatan Mesir.-Mesir Produksi Frigat, ENS Sajm Al Jabbar-Indomiliter.com

PAGARALAMPOW.COM - Seperti Indonesia yang lebih dulu membangun frigat berdasarkan lisensi (Martadinata Class) di dalam negeri, maka dari Timur Tengah, ada kabar bahwa Mesir belum lama ini berhasil untuk pertama kalinya membangun dan meluncurkan kapal perang di kelas frigat untuk pertama kalinya.

Sebagai bagian dari modernisasi Angkatan Lautnya, Alexandria Shipyard pada 4 Desember 2023 telah meluncurkan ENS Sajm Al Jabbar (FFG-910) .

ENS Sajm Al Jabbar adalah unit keempat dari frigat Al Aziz class, yang mana dua unit pertama frigat kelas ini – ENS Al Aziz (FFG-904) dan ENS Al Qahhar (FFG-905) dibangun di Jerman oleh Stahlbau Nord GmbH, Bremerhaven.

Untuk unit ketiga, ENS Al Qadeer (FFG-909) telah diluncurkan dan dalam proses instalasi perangkat di Jerman. Al Aziz class dikenal juga sebagai MEKO A200EN.

BACA JUGA:AMZ BOBR 3 Panser Amfibi 4×4 Buatan Polandia, Perfotmanya Tangguh di Medan Tempur

MEKO adalah singkatan dari Mehrzweck-Kombination (bahasa Inggris: multi-purpose-combination).

Frigat ini adalah konsep pembuatan kapal angkatan laut modern berdasarkan modularitas persenjataan, elektronik, dan peralatan lainnya, yang bertujuan untuk kemudahan pemeliharaan dan pengurangan biaya.


Foto : Frigat buatan Mesir.-Mesir Produksi Frigat, ENS Sajm Al Jabbar-Indomiliter.com

MEKO 200 adalah frigat yang dirancang oleh galangan kapal Blohm + Voss Jerman, sebagai bagian dari keluarga kapal perang MEKO.

Dibangun dengan dukungan Jerman, peluncuran ENS Sajm Al Jabbar oleh galangan lokal merupakan tonggak sejarah bagi Mesir yang bergerak cepat dalam memodernisasi angkatan lautnya dan memperluas perannya dalam mendukung keamanan maritim regional.

BACA JUGA:Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II

Acara peluncuran ENS Sajm Al Jabbar dihadiri Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi. Meskipun ini adalah kapal keempat di kelasnya dan menggunakan desain Jerman yang disesuaikan untuk Mesir.

Ini adalah pertama kalinya negara tersebut membangun kapal perang canggih di dalam negeri. Presiden Al Sisi dan komandan Angkatan Laut mengucapkan selamat kepada galangan kapal karena telah mengembangkan kapal yang seluruhnya dibuat oleh “tangan Mesir.”

Di antara prestasi yang mereka soroti adalah kecepatan pembuatan kapal frigat MEKO A200 bernama Al Jabbar (Yang Perkasa dalam bahasa Mesir). Pembangunan kapal diumumkan pada Januari 2022 oleh Galangan Kapal Alexandria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: