Keloid Ganggu Penampilanmu? Begini Cara Ampuh Mengobatinya

Keloid Ganggu Penampilanmu? Begini Cara Ampuh Mengobatinya

Keloid Ganggu Penampilanmu? Begini Cara Ampuh Mengobatinya -Foto: net-

2. Perawatan laser

Untuk meratakan dan menipiskan keloid yang besar biasanya dibutuhkan perawatan menggunakan laser. Laser juga bermanfaat untuk meredakan gatal dan kemerahan pada kulit akibat keloid.

Perawatan laser biasanya dilakukan melalui beberapa sesi dengan jeda 1–2 bulan. Perawatan ini juga bisa dikombinasikan dengan suntikan kortikosteroid tergantung kebutuhan.

BACA JUGA:Eksplorasi Gunung Mutis, Inilah 3 Alasan Mengapa Pendaki Wajib Berkunjung di Dataran Pulau Timor

Sama seperti tindakan medis pada umumnya, laser untuk mengobati keloid juga dapat menimbulkan efek samping, seperti perubahan warna kulit, muncul lepuhan, dan pengerasan kulit.

3. Terapi radiasi

Beberapa bekas luka keloid dapat diobati dengan terapi radiasi tingkat rendah. Ini dilakukan menggunakan sinar-X yang diarahkan ke keloid untuk mengecilkan tampilan keloid. Paparan sinar-X dapat menghancurkan sel-sel kulit yang menghasilkan kolagen.

Sinar-X pada terapi radiasi hanya menembus lapisan kulit paling atas dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, dalam kasus tertentu, sinar tersebut justru bisa menimbulkan komplikasi kulit.

BACA JUGA:Samsung Meluncurkan S Browser untuk Windows

Terapi radiasi umumnya hanya direkomendasikan apabila perawatan dengan kortikosteroid tidak bekerja dengan baik.

4. Operasi pengangkatan keloid

Jika keloid tidak bisa diatasi dengan berbagai pengobatan di atas, operasi pengangkatan keloid bisa dilakukan. Namun, tindakan ini biasanya jarang direkomendasikan oleh dokter. Pasalnya, bekas luka keloid sangat rentan terbentuk kembali setelah operasi.

Untuk meminimalkan risiko kembalinya bekas luka keloid, operasi biasanya dikombinasikan dengan metode perawatan lain, seperti terapi radiasi dan suntikan kortikosteroid.

Selain itu, dokter biasanya juga akan menyarankan untuk menutupi area keloid yang dioperasi menggunakan kain selama beberapa bulan untuk mencegah pembentukan bekas luka baru.

BACA JUGA:Menelusuri Kisah dan Sejarah Pura Giri Arjuno!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: