Kalian Wajib Tau Tentang Awal Mula Terbentuknya Pancasila!

Kalian Wajib Tau Tentang Awal Mula Terbentuknya Pancasila!

--

PAGARALAMPOS.COM - Kemerdekaan yang di rasakan oleh rakyat Indonesia saat ini merupakan hasil dari keputusan yang di ambil pada saat hari-hari bersejarah itu.

Hari lahirnya Pancasila merupakan salah satu di antaranya. Hari yang di peringati pada setiap tanggal 1 Juni ini merupakan titik balik dari penentuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui banyak proses terbentuknya pancasila, rumusan demi rumusan, menyatukan beberapa pendapat.

Serta menerima aspirasi rakyat melahirkan Ideologi dan dasar negara Indonesia yang disebut Pancasila.

BACA JUGA:Inilah Silsilah Raja Kesultanan Demak Yang Manghancurkan Kejayaan Majapahit, Mengapa Kerajaan Islam Itu Runtuh

Sedikit sejarah sebelum pembentukan Pancasila, berawal dari dijajahnya Bangsa Indonesia oleh Bangsa Portugis pada tahun 1511.

Yang kemudian disusul oleh dua negara yaitu Spanyol dan juga Inggris yang juga ikut serta menjajah Indonesia.

Hal ini yang merupakan awal dari keterpurukan Bangsa Indonesia pada saat itu. Dan lebih buruknya, di tambah dengan kedatangan Belanda pada tahun 1596.

Yang kemudian di lanjutkan dengan pembentukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) tepatnya pada tanggal 20 Maret 1602 yang bertujuan untuk menguasai perdagangan di wilayah Asia.

BACA JUGA:Legenda Kesaktian Patih Kebo Iwa, Kerajaan Bali tak Mudah Ditaklukkan Gajah Mada, Armada Laut Majapahit Pun Di

Pada tanggal 9 Maret 1942, penjajahan Belanda terhadap Indonesia berakhir. Berakhirnya penjajahann pemerintahan Hindia Belanda tanpa sebab atau yang sering di sebut menyerah tanpa syarat.

Belanda menyerah tanpa syarat terhadap tentara Jepang yang merupakan penjajah terakhir Negara Indonesia sebelum akhirnya berhenti menjajah Indonesia dikarenakan tentaranya kalah melawan sekutu.

SebeLumnya, tepat pada tanggal 7 September 1944 Jepang sempat memberi janji kemerdekaan kepada Negara  Indonesia di kemudian hari jika Indonesia mau membantu mereka untuk melawan sekutu.

Pada tanggal 29 April 1945 Jepang kembali memberi janji. Namun, janji yang di berikan Jepang kali ini adalah janji kemerdekaan tanpa syarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: