Ini Dia 5 Cara Jitu Cek Kondisinya Kiprok Motor Tanpa Panik, Simak Penjelasannya Disini!

Ini Dia 5 Cara Jitu Cek Kondisinya Kiprok Motor Tanpa Panik, Simak Penjelasannya Disini!

Ini Dia 5 Cara Jitu Cek Kondisinya Kiprok Motor Tanpa Panik, Simak Penjelasannya Disini!--

BACA JUGA:Jadikan Petualangan Anda Aman dan Nyaman, Ini Rekomendasi Merk Ban Motor Berkualitas!

Cobalah dan teliti, apakah cahaya pada lampu utamanya stabil atau tidak. Jika tidak, maka akan menunjukkan lampu yang berkedip-kedip, Cobalah untuk digas supaya Anda lebih tahu mengingat arus ke lampu utama dipengaruhi oleh gas motor.

Bila lampu utama sudah mulai berkedip maka sudah pasti ada sesuatu masalah dalam bagian kiprok dan beberapa sistem kelistrikan lain.

Segera bawa motor ke bengkel untuk dicek kondisi bagian kiprok, Biasanya, untuk pengecekan seperti ini tidak akan memakan waktu yang lama.

Cek Tegangan dengan Multitester

BACA JUGA:Jaga Kampas Kopling Tetap Optimal dengan Ritual Paling Ampuh Ini, Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Di samping itu, salah satu cara atau tips mendeteksi kerusakan kiprok dalam motor adalah dengan mengecek tegangan menggunakan alat multitester.

Umumnya, alat seperti ini dimiliki oleh beberapa bengkel, Namun, jika Anda memiliki alat ini maka bisa dilakukan pengecekan secara mandiri.

Caranya cukup mudah, yaitu tempatkan kabel berwarna merah dari multitester ke kabel merah positif. Sedangkan, untuk kabel hitamnya disematkan ke kabel negatif.

Bila sudah sesuai, selanjutnya nyalakan mesin dari sepeda motor Anda, Kemudian, gas dengan perlahan-lahan sampai mencapai sekitar 3000 rpm.

BACA JUGA:Tersembunyi Tapi Vital, Ini Rahasia Merawat Rantai Motor Yang Benar!

Dari sini, akan ada angka yang muncul melalui multitester, Bila angkanya sudah melebihi 14 volt maka sudah pasti kiprok mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, bilamana tegangan yang dihasilkan pun berada di bawah angka 12 volt, itu tandanya juga rusak mengingat aki tidak terisi dengan baik.

Idealnya, tegangan pada aki berada pada angka 13.5 volt yang menandakan bahwa kiprok masih normal.

Memang, cara ini cukup rumit. Sehingga, untuk pengecekan dengan multitester seperti ini, sebaiknya dicek oleh mekanis di bengkel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: