Inilah Panorama Alam Dari Puncak Tertinggi Di Pulau Jawa: Gunung Semeru

Inilah Panorama Alam Dari Puncak Tertinggi Di Pulau Jawa: Gunung Semeru

Inilah Panorama Alam Dari Puncak Tertinggi Di Pulau Jawa: Gunung Semeru-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah kerucut gunung berapi yang terletak di Jawa Timur, Indonesia.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa,  puncaknya Mahameru, 3.676 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini terbentuk akibat subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncak Mahameru mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

BACA JUGA:Inovasi Terbaru Polytron di Bidang Otomotif, Sambut Era Baru dengan Fox R yang Menawarkan Harga Murah

Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten,  Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia, dengan puncak bernama Mahameru yang menjulang setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut.

Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya yang bernama Mahameru berada di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan Gunung Semeru sangat luas, sehingga menjadikan wilayahnya terletak di dua kabupaten, yakni Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA:5 Model Rambut Pria Korea yang Trendi dan Berbeda di Tahun 2023

Keindahan gunung yang terletak di Jawa Timur itu juga tergambarkan dalam film 5 cm yang rilis pada 12 Desember 2012 silam.

Bahkan, Gunung Semeru menjadi poros dalam novel karya Donny Dhirgantoro yang kemudian difilmkan dan digarap oleh sutradara Rizal Mantovani.

Mitos asal usul Gunung Semeru tertuang dalam kitab Tantu Panggelaran yang menyebut bahwa Gunung Semeru adalah bagian dari Gunung Meru yang berada di India.

Puncak Gunung Meru tersebut dibawa oleh Dewa Brahma dan Dewa Wisnu untuk menjadi ‘paku bumi’ bagi Pulau Jawa yang saat itu masih terus berguncang dan terombang-ambing karena mengambang di lautan luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: