Pahlawan Nusantara, Mengenal Kekuatan Super Raja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran

Pahlawan Nusantara, Mengenal Kekuatan Super Raja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran

Pahlawan Nusantara, Mengenal Kekuatan Super Raja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran-Foto : Net-net

PAGARALAMPOS.COM -  Dalam panorama sejarah Nusantara, sosok pahlawan yang menjadi legenda adalah Raja Prabu Siliwangi, penguasa hebat dari Kerajaan Pajajaran

Kekuatan luar biasa yang dimiliki oleh beliau membuatnya disegani se-Nusantara pada masanya. 

Artikel ini akan membawa kita menjelajahi epik kepahlawanan Raja Prabu Siliwangi, mengupas setiap lapisan cerita yang memperlihatkan kekuatan super yang membuatnya dihormati oleh rakyatnya dan juga bangsa-bangsa tetangga. 

Dari taktik militer cemerlang hingga kontribusinya dalam membangun peradaban Pajajaran, mari kita menggali lebih dalam dan mengenal pribadi yang memberikan warna gemilang pada sejarah Nusantara, Raja Prabu Siliwangi.

BACA JUGA:Dobrak Pasar Motor Listrik, Polytron Kenalkan Fox R, Murah Begini Penampakannya

Menurut sejarah ada sekitar 100.000 pasukan Kerajaan Pajajaran jejak sejarah dari catatan Portugis sebagaimana dikutip dari "Hitam Putih Pajajaran : Dari Kejayaan Hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran". 

Kendaraan dari sang raja Prabu Siliwangi pun tak main - main hebatnya, Setidaknya ada 40 ekor gajah yang dimiliki sang raja untuk transportasi. 

Disisi lain pada kekuatan Angkatan Lautnya, Pajajaran memiliki beberapa Armada laut yang fungsinya sebagai alat transportasi di Kelautan sekaligus menciptakan perdagangan antar pulau. 

Produk dari perdagangannya Selain kapas, baju, dan lainnya, tenryata terdapat perdagangan kuda jenis Pariaman yang mencapai 4.000 ekor setiap tahunnya.

BACA JUGA:Ganjar-Mahfud Peduli UMKM, Siapkan Lapak 40 Persen di Ruang Publik

Tak hanya memimpin dengan keberanian saja,raja Prabu Siliwangi dan kekuatan pasukan perang yang cukup besar.

Dari Tomi Pires mencatat mengapa Kerajaan Pajajaran akhirnya muncul sebagai kerajaan yang disegani dan besar.

Menurut informasi Sri Baduga dilukiskan sebagai era kesejahteraan yang tertulis banyak di Carita Parahiyangan. 

Tome Pires ini juga ikut mencatat kemajuan Kerajaan Pajajaran di bawah kepemimpinan Sri Baduga dengan komentar The Kingdom of Sunda is justly governed; they are honest men (Kerajaan Sunda diperintah dengan adil; mereka adalah orang-orang jujur).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: