Rahasia Kekuatan Maritim Majapahit dan Kehebatan Kapal Jung Jawa Abad 14

Rahasia Kekuatan Maritim Majapahit dan Kehebatan Kapal Jung Jawa Abad 14

Rahasia Kekuatan Maritim Majapahit dan Kehebatan Kapal Jung Jawa Abad 14--Net_Ilustrasi

PAGARALAMPOS.COM - Konon rahasia kekuatan laut Majapahit sejak jaman Gajah Mada yaitu terletaknya pimpinan yang dipegang oleh Mpu Nala sebagai panglima tertinggi. 

Mpu Nala dalam membangun kekuatan laut yang tersohor kala itu, beliau menemukan sejenis pohon raksasa yang dirahasiakan lokasinya, untuk membangun kapal-kapal Majapahit yang berukuran besar di masa itu. 

Persenjataan kapal-kapal Majapahit berupa meriam Jawa. 

Konon Gajah Mada kecil pernah diasuh oleh tentara Mongol yang dikirim Kublai Khan menyerbu Jawa guna membalas penghinaan yang dilakukan oleh Prabu Kertanegara mencoreng-coreng wajah utusan Tiongkok yang menuntut agar Singosari tunduk di bawah kekuasaan Tiongkok.

BACA JUGA:Legenda Lautan Majapahit, Mahapati Gajah Mada dan Misteri Kapal Jung Penguasa di Lautan Abad ke-14?

Gajah Mada diajarkan oleh pengasuhnya orang Mongol itu mengenai prinsip senjata api sederhana.

Abad ke-14 menyaksikan gemerlapnya kejayaan Kerajaan Majapahit yang melibatkan sejumlah tokoh legendaris, di antaranya Mahapati Gajah Mada. 

Namun, di balik kisah kebesaran daratan, terdapat cerita menarik tentang penguasaan lautan yang menjadi salah satu misteri besar dalam sejarah Nusantara. 

Legenda Lautan Majapahit mencakup peran sentral Gajah Mada dan misteri seputar kapal Jung yang menjadi simbol kekuasaan maritim pada masa itu.

BACA JUGA:Dobrak Pasar Motor Listrik, Polytron Kenalkan Fox R, Murah Begini Penampakannya

Artikel ini akan mengupas jejak legenda Lautan Majapahit, menggali kehebatan Mahapati Gajah Mada, serta merinci misteri kapal Jung yang membawa kita pada petualangan di lautan abad ke-14.

Pada abad ke-14, Kapal Jung Majapahit, juga dikenal sebagai Jong, memainkan peran sentral dalam kekuatan maritim Kerajaan Majapahit.

Kapal ini, dengan akar sejarahnya di Jawa, bukan hanya digunakan untuk keperluan militer yang luar biasa.

Tetapi juga sebagai kapal dagang hebat yang mampu berlayar melintasi samudra dengan kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: