Menyusuri Keindahan Hutan Ekosistem Batang Toru di Tapanuli

Menyusuri Keindahan Hutan Ekosistem Batang Toru di Tapanuli

Menyusuri Keindahan Hutan Batang Toru di Tapanuli-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM  - Hutan Batang Tolu terletak di 3 kabupaten di Sumatera Utara (Sumut): Tapanuri Utara, Tapanuri Tengah, dan Tapanuri Selatan.

Daerah ini mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi.

Berdasarkan peta citra satelit, hutan bernama Harangan Tapanuri ini memiliki luas 133.841 hektare dan terbagi dalam dua blok wilayah, yakni Blok Barat seluas 78.891 hektar dan Blok Timur.

Dengan luas 78.891 hektar. Luas wilayahnya 54.950 hektar.

BACA JUGA:Menelusuri Wisata Tersembunyi di Kota Majalengka Jawa Barat

Menurut data dari Sustainable Ecosystems Foundation (YEL), sekitar 66,7% kawasan hutan Batang Tolu terletak di Tapanuli Utara, 22,6% di Tapanuli Selatan, dan 10,7% di Tapanuli tengah.

Menurut peta satelit,  hutan dengan keanekaragaman hayati ini memiliki titik terendah pada ketinggian 194 m di atas permukaan laut dan titik tertinggi pada ketinggian 1.781 m di atas permukaan laut.

Sebagian besar hutan Batan Tolu terletak di kawasan yang sangat terjal, lebih dari 800 meter di atas permukaan laut.

Minggu lalu saya berkesempatan mengunjungi kawasan dengan keindahan luar biasa ini.

BACA JUGA:Kalo Pake Gaya Rambut Ini, Pasti Keliatan Makin Kece Dan Stylish!

Bersama banyak peneliti dan analis dari Foundation for Sustainable Ecosystems (YEL), perjalanan dengan hujan deras semakin menambah rasa penasaran kami.

Gabriella Fredrickson, biasa disapa Gabby, adalah Koordinator Program Batang Tolu - Program Konservasi Orangutan Sumatera (SOCP, PanEco - YEL), dimana beliau telah melakukan berbagai kegiatan penelitian selama lebih dari 10 tahun.

Pada saat wawancara Mongabay, beliau sedang menyusun  panduan kerja tentang berbagai  anggrek indah dan bunga lainnya yang terdapat di hutan Batang Tor.

Ia mengaku pertama kali tertarik dengan Hutan Batang Tolu pada tahun 2005 saat ia mendirikan stasiun pemantauan flora dan fauna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: