Swedia Upagrade Jet Tempur Gripen E, Melayang Dengan Bobot Lebih Ringan

Swedia Upagrade Jet Tempur Gripen E, Melayang Dengan Bobot Lebih Ringan

Foto : Jet tempur.-Swedia Upagrade Jet Tempur Gripen E, Melayang Dengan Bobot Lebih Ringan-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Mampu mengurangi bobot dan meningkatkan efisiensi pemeliharaan pada jet tempur, tak pelak menjadi poin keunggulan tersendiri bagi pihak manufaktur.

Dan belum lama ini Saab dari Swedia, mewartakan bahwa jet tempur terbarunya, Gripen E mendapatkan upgrade untuk bisa menjadi lebih ringan dan efisien dalam pemeliharaan berkat penggunaan baterai Lithium ion (Li-ion).

Saab menyebut kunci peperangan modern adalah kemampuan beradaptasi yang cepat – mempertahankan keunggulan teknologi dibandingkan apa yang dilakukan lawan.

Sistem avionik inovatif pada Gripen E memungkinkan peningkatan cepat pada perangkat lunak dan perangkat keras, yang diperlihatkan salah satunya dengan keberhasilan pada penggunaan baterai Li-ion.

BACA JUGA:Densus 88 Klaim Aksi Teror di Indonesia Menurun 3 Tahun Terakhir

Saab dalam rilisnya mengklaim, desain Gripen E memungkinkan untuk ditingkatkan dan diperbarui dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Fungsionalitas baru dapat ditambahkan dengan cepat tanpa mengorbankan ketersediaan pesawat. Algoritme dan perangkat keras yang ada.

Seperti prosesor, persenjataan, dan komponen struktural dapat dengan cepat diganti atau diubah dengan kontrol tingkat tinggi untuk setiap kebutuhan pelanggan.

Contoh terkini adalah perubahan hardware pada Gripen E dengan penggantian baterai utama dan darurat (main and emergency battery) pada Gripen E.

BACA JUGA:Otak Rencana Pencurian Berlian di Villa Pagar Alam Diringkus di Jambi, Perhiasan Curian Hanya Dijual 10 Juta

Yakni dari tiga baterai thermo menjadi dua baterai Li-Ion. Perubahan yang disebut mengurangi bobot pesawat serta biaya perawatan bagi pelanggan.

“Perubahan yang berhasil ini, yang telah kami lakukan bersama dengan pelanggan kami, semakin meningkatkan redundansi dan ketahanan Gripen.

Jenis bisnis baru inilah yang akan kami lihat di masa depan, yakni kami bersama pelanggan mengembangkan lebih lanjut sistem dan produk kami. Johan Segertoft, Kepala unit bisnis Gripen, Saab.

Baterai 24 volt, 36 amp-hour batteries, dirancang khusus untuk Gripen E-series oleh EaglePicher. Baterai ini memiliki kemampuan suhu rendah yang ekstrim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: