Boeing Luncurkan F-15EX Ketiga, Dalam Konfigurasi Operasional Akhir

Boeing Luncurkan F-15EX Ketiga, Dalam Konfigurasi Operasional Akhir

Foto : F1 SEX Produksi Boeing.-Boeing Luncurkan F-15EX Ketiga, Dalam Konfigurasi Operasional Akhir-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah lebih dari dua tahun sejak penerbangan perdana, Boeing untuk pertama kalinya menerbangkan F-15EX Eagle II ketiga (EX-3), yang juga merupakan pesawat pertama yang dibuat dalam konfigurasi operasional akhir.

Pesawat ini terbang hanya dengan cat primer dan nomor seri kecil (20-0003) pada ekor kembarnya, dan akan menerima warna dan lambang akhir sebelum dikirimkan ke Angkatan Udara AS (USAF).

Sebagai catatan, penerbangan perdana F-15EX Eagle II dilakukan pada 2 Februari 2021. Penerbangan perdana pesawat ini dilakukan di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat.

Dikutip dari theaviationist.com (28/10/2023), F-15EX Eagle II ketiga menyelesaikan tahap pertama Integrated Test & Evaluation (IT&E).

BACA JUGA:Dugaan 3 Orang Dibalik Pelarian Dito Saat Polri Tetapkan DPO

Sepanjang fase ini, F-15EX berpartisipasi dalam 19 Large Force Exercise yang berinteraksi dengan pesawat generasi kelima.

Pesawat ini menandai penggunaan rudal udara-ke udara terlama dan mengonfirmasi penggunaan F-15EX pertama dari pelepasan amunisi udara ke permukaan non nuklir terlama yang ada dalam inventaris.

Data tersebut saat ini sedang dianalisis oleh Air Force Operational Test and Evaluation Center dan Office of the Secretary of Defense Director of Operational Test and Evaluation.

Yang nantinya akan menginformasikan langkah selanjutnya dari program ini, yakni fase produksi tingkat penuh F-15EX. Menurut pihak Angkatan Udara AS, keputusan tersebut diperkirakan akan diumumkan pada akhir tahun ini, menurut Angkatan Udara.

BACA JUGA:Valentino Rossi Ingin Comeback di Moto GP, Ternyata Sebagai Ini..

“Enam F-15EX diperkirakan akan dikirimkan antara akhir kuartal keempat tahun fiskal 2023 dan kuartal pertama tahun fiskal 2024,” kata Donn Yates, direktur eksekutif di Boeing Air Force Fighters and Trainers Business Development.

Empat dari pesawat ini akan bergabung dengan EX-1 dan EX-2 di Pangkalan Angkatan Udara Eglin, Florida, sedangkan dua pesawat terakhir diperkirakan akan bergabung dengan Kingsley Field di Klamath Falls, Oregon.

Namun, rencana untuk mendirikan Formal Training Unit (FTU) untuk F-15EX sedang dipertimbangkan kembali, karena Angkatan Udara sedang mengevaluasi infrastruktur di Kingsley Field dan kesesuaian wilayah udara untuk F-35 Lightning FTU. Jika rencana tersebut terlaksana.

Pelatihan F-15 akan diambil alih oleh Pangkalan Angkatan Udara Seymour Johnson, North Carolina, yang sudah menjadi markas FTU F-15E Strike Eagle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: