Waspada! Inilah 6 Bahaya Minum Alkohol yang Harus Kamu Ketahui

Waspada! Inilah 6 Bahaya Minum Alkohol yang Harus Kamu Ketahui

Waspada! Inilah 6 Bahaya Minum Alkohol yang Harus Kamu Ketahui -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Maraknya minuman keras (Miras) yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia, kini semakin meresahkan dengan munculnya fenomena Miras oplosan yang telah merenggut banyak korban.

Berkaitan tersebut, Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI, dr. Eka Viora, Sp.J (K), menjelaskan bahwa jenis alkohol pada Miras oplosan berbeda dengan minuman beralkohol yang biasa dikonsumsi manusia.

Alkohol tidak hanya mempengaruhi pikiran, tetapi juga fisik penggunanya. Karena hal tersebut, penggunaan sebaiknya dibatasi agar tidak membuat kecanduan alkohol dan membahayakan organ tubuh.

BACA JUGA:Inilah Destinasi Wisata Surabaya yang Wajib Kamu Datangi Saat Liburan

Ini dampak minuman keras bagi kesehatan:

1. Menyebabkan penyusutan otak

Studi berjudul Alcohol and the brain yang terbit pada Journal Nutrients menemukan bahwa alkohol bekerja di otak untuk menghasilkan efek yang diinginkan, misalnya kemampuan bersosialisasi.

Studi juga menjelaskan, dari otak, minuman keras bisa mengeksplorasi dan menimbulkan dampak buruk selanjutnya. Misalnya, perubahan pada proses perilaku, seperti keinginan dan nafsu makan.

BACA JUGA:Pertahanan Militer Rusia Bakalan Diperkuat, Datangkan Batch Perdana 2S43 Malva 8×8

Alkohol bekerja dengan memperlambat bahan kimia dan jalur yang digunakan otak untuk mengendalikan tubuh, mengubah suasana hati, memperlambat refleks, dan memengaruhi keseimbangan. 

Dalam jangka panjang, penggunaannya tak hanya memengaruhi memori dan waktu tidur saja. Minuman keras juga dapat menyebabkan penyusutan otak, dan hilangnya materi abu-abu serta putih pada otak.

Materi abu-abu adalah bagian otak yang mengandung tubuh sel saraf atau neuron. Ini adalah area di mana pengolahan informasi terjadi, seperti penglihatan, pendengaran, memori, emosi, dan kendali otot.

BACA JUGA:Pertahanan Militer Rusia Bakalan Diperkuat, Datangkan Batch Perdana 2S43 Malva 8×8

Sementara materi putih terdiri dari serat-serat saraf yang dilapisi dengan mielin. Ini membentuk jalur komunikasi antara berbagai bagian otak dan juga menghubungkan otak dengan bagian-bagian tubuh lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: