Kapolres Pagar Alam dan Pj Wako Hadiri Rakor Karhutla, Begini Pesan AKBP Erwin Irawan

Kapolres Pagar Alam dan Pj Wako Hadiri Rakor Karhutla, Begini Pesan AKBP Erwin Irawan

PAGARALAM, PAGARALAMPOW.COM - Menyikapi peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang belakangan ini terjadi, perlunya perhatian dan kerjasama lintas sektoral.

Karena itu, Kamis (5/10/2023), Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan SIK hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama OPD dilingkup Pemkot Pagar Alam bertempat diruang Rapat Besemah I.

Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan SIK MH pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa  telah terjadi kebakaran lahan yang cukup exstrem.

"Masyarakat Kota Pagar Alam banyak yang terlena terhadap dampak buruk Karhutla seperti ini, hal tersebut sama-sama menjadi PR kita bersama untuk intens kita tangani;" ucap Kapolres.

BACA JUGA:Soliditasnya Luar Biasa, Kapolres Pagar Alam Rayakan HUT TNI ke 78 di Makoramil, Santap Bersama Nasi Tumpeng

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kota Pagar Alam yang bersama-sama telah melakukan upaya pencegahan Karhutla.

Yang notabennya kebakaran terjadi karena faktor alam yakni cuaca dan kelalaian masyarakat Kota Pagar Alam.

"Untuk faktor kesengajaan yang dilakukan oleh masyarakat sampai saat ini belum ditemukan di Kota Pagar Alam" ujarnya.

Kedepan jika masih terjadi pembakaran lahan yang disengaja, Polri khususnya Polres Pagar Alam tidak segan untuk menegakan hukum yang berlaku terhadap pelaku Karhutla.

BACA JUGA:Danrem Gapo dan Kapolda Sumsel Patroli Udara Pantau Hot Spot di Sumsel

"Mari bersama-sama secara massif mensosilasiakan kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan memicu Karhutla, contohnya membuang puntung rokok sembarangan, karena kebanyakan kebakaran terjadi karena puntung rokok yang dibuang sembarangan," ucap dia.

Kapolres juga telah melakukan patroli Karhutal disejumkah titik rawan kebakaran lahan. 

"Di lokasi tersebut kita tak anya menyampaikan edukasi, juga mengingatkan kepada warga bahwa pelaku Karhuta bisa dijerat hukuman pidana," katanya.


Foto : Pasang spanduk Karhutla.-Kapolres Pagar Alam dan Pj Wako Hadiri Rakor Karhutla, Begini Pesan AKBP Erwin Irawan-Humas Polres Pagar Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: