Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Presiden

Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Presiden

Foto : Jokowi Irup Hari Kesaktian Pancasila di Makodam II/Sriwijaya.-Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Presiden-Humas Polri

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo  di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023).

Upacara yang digelar secara khidmat ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta sejumlah pejabat negara lainnya.

Upacara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan laporan komandan upacara Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, S.I.K,. M.H. kepada inspektur upacara Inspektur Upacara.

Presiden RI Joko Widodo memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

BACA JUGA:Indeks Kepercayaan Publik Terhadap Polri Mencapai 72%, Survei Indikator Politika

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa, utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.


Foto : Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Makodam II/Sriwijaya.-Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Presiden-Ig kodam2sriwijaya_penerangan

Upacara kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, pembacaan naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

BACA JUGA:Rusia Gunakan Drone Intai Orlan Tandai Serangan Rudal Kh-38ML Su-34 Ke 4 Jembatan di Ukraina

Usai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin kemudian meninjau sumur lubang buaya dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya.

Terpisah, Kodam ll/Swj menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 dengan tema Pancasila Pemersati Bangsa Menuju Indonesia Maju bertempat di Lapangan Makodam ll/Swj Palembang, (1/10/2023).

BACA JUGA:Diam diam Kapal Roset Cina Kumpulkan Data Intelijen di Samudera Hindia, India, AS dan Indonesia Dirugikan

Bertindak selaku Irup taitu Pangdam ll/Swj Brigjen TNI Norman Saito Kapok Sahli. Apel tersebut diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Para Asisten Kodam ll/Swj, Para Pamen Ahli Pangdam ll/Swj, Para Dan/Kabalakdam ll/Swj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: