Indeks Kepercayaan Publik Terhadap Polri Mencapai 72%, Survei Indikator Politika

Indeks Kepercayaan Publik Terhadap Polri Mencapai 72%, Survei Indikator Politika

Foto : Survey pelayanan publik.-Indeks Kepercayaan Publik Terhadap Polri Mencapai 72%, Survei Indikator Politika-Humas Polri

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kepercayaan publik terhadap institusi Polri kembali mengalami peningkatan. Hal itu tertera dalam hasil survei Indikator Politika.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida mengatakan bahwa hasil survei lembaganya menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 72%. Hal itu menandakan kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara semakin pulih.

“Kepercayaan terhadap Polri saat ini tampak mulai pulih setelah sempat jatuh ke level paling rendah di antara lembaga-lembaga lain ketika diguncang kasus Sambo,” ungkap Rizka secara daring, Sabtu (30/9/23).

Dalam survei tersebut, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 63% cukup percaya dan 9% sangat percaya. Kepercayaan publik kepada Korps Bhayangkara itu di atas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), MPR, DPR, DPD, termasuk partai politik.

BACA JUGA:Ungkap Jaringan Narkotika di Bandara Juanda Terungkap, Ratusan Gram Sabu Berhasil Diamankan

Dalam catatan Indikator, menurut Rizka, karena dampak ketegasan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menindak sejumlah jenderal yang terlilit perkara.

Selain itu, Polri dianggap publik mampu bersikap netral dengan tidak melindungi para perwiranya dari jerat hukum maksimal.

Survei dilakukan Indikator Politik Indonesia dalam rentang waktu 25 Agustus-3 September 2023 dengan menggunakan metode random sampling.

Survei itu melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95% dan toleransi kesalahan sekitar 2,9%.

BACA JUGA:BRAVO, Satgas Damai Cartenz Lumpuhkan 4 KKB di Pegunungan Bintang

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo meraih penghargaan detikcom Award 2023 dalam kategori Tokoh Transformasi Pelayanan Polri. Penghargaan tersebut diberikan pada 21 September 2023.


Foto : Kapolri terima penghargaan detik.com award.-Indeks Kepercayaan Publik Terhadap Polri Mencapai 72%, Survei Indikator Politika-Humas Polri

“Saya kira ini menjadi pemicu bagi kita semua untuk melakukan hal yang tentunya menjadi tugas dan amanah institusi,” ujar Jenderal Sigit di acara tersebut.

Menurut Kapolri, penghargaan ini merupakan amanah agar Polri terus bertransformasi dan terus mengedepankan transparansi pelayanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: