Angkatan Laut Turki Bangun Floating Dock Khusus Kapal Selam

Angkatan Laut Turki Bangun Floating Dock Khusus Kapal Selam

PAGARALAMPOS.COM - Untuk urusan luas wilayah lautan, Turki jelas bukan tandingan Indonesia yang berstatus negara kepulauan terbesar di dunia.

Namun, untuk urusan jumlah kapal selam, Turki saat ini mengoperasikan 13 unit kapal selam jelas lebih unggul dari aspek kualitas dan kuantitas.

Dan dalam mendukung operasional belasan kapal selam yang jumlahnya akan terus bertambah, belum lama ini Angkatan Laut Turki diperkuat dengan kehadiran fasilitas dermaga terapung khusus untuk kapal selam – Floating Dock Hosts Submarine.

Dikutip dari navalnews.com (21/9/2023), Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan pada 19 September 2023, bahwa dermaga apung kapal selam seberat 3000 ton yang dikembangkan ASFAT telah berhasil merapatkan kapal selam pertama.

BACA JUGA: Suku Cadang ‘Diborong’ Untuk Ukraina, Brasil Kesulitan Modernisasi MBT Leopard 1A5BR Antara Jerman dan Brasi

Kapal selam tersebut adalah TCG Batiray (S-349) Type 209/1200 – atau disebut Ay class. menjadi tamu pertama di dermaga apung baru Golcuk Naval Shipyard.


Foto : Dock kapal selam.-Angkatan Laut Turki Bangun Floating Dock Khusus Kapal Selam-Indomiliter.com

Uji penerimaan dermaga telah selesai pada Juni 2023. Kurang lebih 3 bulan setelah peluncuran dermaga apung produksi nasional ini.

ASFAT, kontraktor pertahanan yang berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan Turki, adalah kontraktor utama proyek tersebut.

BACA JUGA:Baru Tau, 4 Merek Ban Motor Ini Paling Dicari, Faktanya Awet Dan Anti Selip

Menurut ASFAT, dermaga apung baru ini adalah satu-satunya di dunia yang dapat ditutup sepenuhnya dengan sistem atap dan pintu.

Floating dock ini memiliki kapasitas angkat 3.000 ton untuk kapal selam Angkatan Laut Turki saat ini dan masa depan.

BACA JUGA:Gantikan C-130 Hercules, Austria Resmi Order Empat Unit Embraer C-390 Millennium

BACA JUGA:Dianugerahi Tokoh Transformasi Pelayanan Polri, Ternyata Ini Terobosan Kapolri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: