Israel Luncurkan Ofek 13, Satelit Mata-Mata Terbaru Dilengkapi Radar, Untuk Apa Ya

Israel Luncurkan Ofek 13, Satelit Mata-Mata Terbaru Dilengkapi Radar, Untuk Apa Ya

Foto : Peluncuran satelit.-Israel Luncurkan Ofek 13, Satelit Mata-Mata Terbaru Dilengkapi Radar, Untuk Apa Ya-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Di berbagai belahan dunia, Israel kerap unggul dalam operasi militer dan intelijen, akan tetapi itu bukan semata bertumpu dari kemampuan perorangan agen Mossad yang dikenal cerdik.

Lain dari itu, kesadaran situasional intelijen Israel dapat terjaga dengan baik berkat satelit mata-matanya yang tanpa disadari telah eksis selama ini.

Dan kabar anyar datang dari Timur Tengah, bahwa Isreal kembali meluncurkan spy satellite terbarunya ke orbit. Dikutip dari The Times of Israel – timesofisrael.com (29/3/2023), Kementerian Pertahanan Israel telah mengumumkan keberhasilan peluncuran satelit mata-mata “Ofek 13” ke luar angkasa pada Rabu pagi ini.

Ofek 13 diluncurkan menggunakan wahana roket Shavit dari Pangkalan Udara Palmachim pada pukul 2:10 pagi.

BACA JUGA:Gantikan C-130 Hercules, Austria Resmi Order Empat Unit Embraer C-390 Millennium

Ofek 13 adalah jenis satelit terbaru dalam jajaran aset observasi Israel di luar angkasa, dan akan memberi militer gambar berkualitas lebih baik daripada pendahulunya.

Kemhan Israel menyebut bahwa Ofek 13 sejatinya adalah satelit pengamatan – observation satellite dengan kemampuan canggih, termasuk fitur synthetic-aperture radar.

Masih dari sumber yang sama, dikatakan beberapa jam setelah peluncuran, satelit berhasil memasuki orbit, telah mulai mengirimkan data.

Dan menyelesaikan serangkaian inspeksi awal sesuai dengan rencana peluncuran awal.

BACA JUGA:Smart Watch Pilihan Traveller, Komplit Fitur Fiturnya, Kamu Yang Hobi Jelong Jelong Jangan Ketinggalan

Para insinyur selanjutnya akan melanjutkan inspeksi yang telah direncanakan sebelum memulai aktivitas operasional penuh dalam waktu dekat.

Pengembangan dan produksi satelit Ofek 13 dipimpin oleh Space and Satellite Administration di bawah Kementerian Pertahanan.

Dengan pengembangan yang melibatkan berbagai elemen di lingkup militer, termasuk visual intelligence Unit 9900 dan angkatan udara.

Israel Aerospace Industries adalah kontraktor utama yang terlibat dalam proyek satelit ini. Sementara perusahaan pertahanan Rafael dan Tomer memproduksi mesin peluncuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: