Israel Siap Siagakan Merkava MK5 di Perbatasan Suriah

Israel Siap Siagakan Merkava MK5 di Perbatasan Suriah

PAGARALAMPOS.COM - Sesuai jadwal, akhirnya Angkatan Bersenjata Israel (IDF) akhirnya meluncurkan Main Battle Tank (MBT) terbaru, Merkava Mark (MK) 5 atau disebut Merkava Next Generation (NG).

Pengumuman hadirnya Merkava MK5 dilakukan setelah Angkatan Darat Israel berhasil menuntaskan seluruh fase pengujian Merkava MK5 Barak (Lightning).

Dikutip dari ynetnews.com (19/9/2023), disebutkan bahwa Merkava MK5 secara bertahap akan menggantikan Merkava MK4, dan nantinya Merkava MK5 akan ditempatkan di sepanjang perbatasan utara Israel.

atau persisnya di wilayah yang berbatasan dengan Suriah. Peluncurkan Merkava MK5 dilalukan setelah dua dekade operasional Merkava MK4

BACA JUGA:Polri Targetkan Pengembalian Uang Korban Penipuan Robot Trading Auto Trade Gold

Merkava MK5 didasarkan pada platform MBT Merkava sebelumnya, tetapi dengan kemampuan bertahan dan pertahanan yang ditingkatkan secara signifikan.


Foto : Tank tempur Israel.-Israel Siap Siagakan Merkava MK5 di Perbatasan Suriah-Indomiliter.com

Fiitur yang dihadirkan mencakup windbreaker – sistem perlindungan dari rudal anti tank yang mampu mendeteksi dan menghadapi ancaman musuh, bahkan sebelum rudal ditembakkan, sehingga memungkinkan respons yang cepat dan interseps

Merkava MK5 dilengkapi sistem perlindungan aktif Trophy yang ditingkatkan terhadap rudal anti-tank, yang dibuat oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd.

Cakupan kamera 360 derajat untuk tampilan siang dan malam, peningkatan kesadaran situasional; dan tampilan head-up untuk komandan tank, mirip dengan yang digunakan oleh pilot jet tempur.

BACA JUGA:Berasa Kembali ke Masa Lalu, Gapura Majapahit Jejak Kejayaan Kerajaan Indonesia

Merkava MK5 diawaki oleh empat personel, dengan seorang loader yang bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas lebih dari sekadar memuat amunisi, yang masih merupakan proses manual.

Seperti yang biasa terjadi pada desain tank saat ini. Pada Merkava MK5, seorang loader akan membantu dalam perolehan target menggunakan teknologi baru yang mampu memindai medan perang.

Melalui sensor dan kamera canggih yang terintegrasi ke dalam tank, sehingga memberikan peningkatan kesadaran situasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: