Waspada, Gunung Dempo Aktif, 2 Kali Erupsi dan 8 Kali Gempa Vulkanik Bulan Ini!

Waspada, Gunung Dempo Aktif, 2 Kali Erupsi dan 8 Kali Gempa Vulkanik Bulan Ini!

Foto : Gunung Dempo--Pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS - Gunung Dempo adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.
 
Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di provinsi tersebut dengan ketinggian sekitar 3.173 meter di atas permukaan laut.

Gunung Dempo terletak di wilayah Kabupaten Pagar Alam, sekitar 15 kilometer dari pusat kota Pagar Alam. Gunung ini memiliki bentuk yang cenderung simetris dan ditutupi oleh vegetasi hutan tropis yang lebat.

Gunung Dempo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan sering mengalami aktivitas vulkanik.

BACA JUGA:Aktivitas Gunung Dempo Meningkat, 2 Kali Erupsi dan 8 Kali Gempa Vulkanik Selama Juli 2023, Waspadalah!

Statusnya saat ini berada pada tingkat waspada atau Level II, yang artinya gunung ini dapat menimbulkan bahaya bagi penduduk dan lingkungan sekitarnya jika terjadi erupsi.

Gunung Dempo juga merupakan salah satu tujuan wisata pendakian yang populer di Sumatera Selatan.

Pendaki sering mendaki ke puncak gunung ini untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan mengagumkan, serta sensasi petualangan mendaki gunung berapi aktif.

Namun, karena statusnya yang waspada, pendaki diimbau untuk selalu mematuhi peraturan keselamatan dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang saat hendak mendaki gunung ini

BACA JUGA:Breaking News, Gunung Api Dempo Erupsi, Status Level 2 Waspada!

Sekitar pukul 21.15 WIB Gunung Api Dempo terjadi Erupsi atau Letusa di puncak Gunung.

Kondisi ini sudah terjadi yang ke 2 kalinya di Bulan Juli 2023 ini, meskipun demikian masih dikatakan normal, karena status Gunung Api Dempo Sejak Tahun lalu Masih berada di Level 2 atau Waspada.
 
Kondisi ini hampir sama dengan Gunung Api Rinjani di Jambi yang statusnya juga di level 2 bahkan sudah bertahun-tahun.
 
"Sementar Gunung Api Dempo baru status Waspada atau Level 2 ini dalam 1,5 tahun Belakang," Ungkap kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pagaralam Megian Nugraha, Rabu (26/7).
 

Gunung Dempo--Net
 
Dikatakan megian, dari data yang ada di Pos Pemantau Gunung ApI dempo Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Giologi (PVMBG)  Kota Pagaralam dalam satu bulan terkahir sudah mengali dua kali terjadi Letusan atau erupis.
 
Sementara dalam bulan Juli ini juga sudah terjadi sebanyak 8 kali Gempa Vulkanik.
 
Kondisi ini sudah dilaporkan ke PVMBG Pusat yang ada di Bandung dan akan dievaluasi oleh pusat apakah statusnya akan naik atau tetap berada di Level 2.
 
Sementara ini, dari data yada ada status masih level 2 dan setiap bulan memang ada kejadian gempa vulkankin dan letusan hembusan.
 
 
Pihaknya sudah menghimbau kepada para pendaki yang akan naik ke Gunung Dempo untuk menjauhi Kawah Merapi Dempo sekitar 1 KM dari Bibir Kawah-nya.
 
Sebab dengan status Level 2 mendekatai kawah MerapI dempo sangatlah berbahaya jika terjadi letusan atau erupsi dadakan.
 
Syukur alhamdulilah, Gunung Api Dempo ini kawah merapinya cukup dalam jadi jika berada di puncak merapi atau puncak dempo dan pelataran Dempo masih dalam zona aman.
 
Diakuiny, diawal tahun 2023 lalu memeng beberapa gunung api dari total ratusan gunung berapi di Indonesia mengalami erupsi serta aktivitas vulkanik yang meningkat seperti gunung Marapi Sumatera Barat, Gunung Anak Krakatau, Gunung Ijen dan Kerinci
.-
Gunung Dempo Pagar Alam--
Gunung Dempo  --Instagram
 

Dengan kondisi beberapa aktivitas gunung meningkat,  Gunung Dempo yang terletak di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan sejuah ini masih di level II atau status waspada. 

Megian juga menjelaskan, sejauh ini gunung dempo tidak ada keterkaitan ataupun dampak dengan terjadinya erupsi gunung- gunung lainya yang dekat atau yang ada di Pulau Sumatera.
 
Seperti Gunung Marapi di Sumbar dan Gunung Kerinci Di Jambi. "Yah, untuk saat ini boleh dikatakan masih Aman,"kata Megian.
 
lanjut Megian, terjadinya erupsi ataupun peningkatan aktivitas vulkanik dibeberapa gunung adalah hal wajar jika Gunung yang ada statusnya diatas level 1.
 

Seperti dempo yang Level 2, sangat wajar terjadi aktivitas kegempaan dan erupsi. kita terus memantau aktivitas gunung Dempo selama 24 jam.


Kita juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya Pagar Alam agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum jelas kebenaranya. ()


Ilustrasi: Pendaki Gunung Dempo-document pagaralam pos- 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: