Memecahkan Teka-Teki Lembah Harau, Mengungkap Sejarah yang Tersembunyi

Memecahkan Teka-Teki Lembah Harau, Mengungkap Sejarah yang Tersembunyi

Memecahkan Teka-Teki Lembah Harau, Mengungkap Sejarah yang Tersembunyi--Instagram

PAGARALAMPOS.COM - Lembah Harau juga menyimpan banyak misteri dan mitos yang tersembunyi di balik keindahan alamnya yang menakjubkan. 

Seiring dengan keindahan pemandangan alamnya, lembah ini memiliki jejak sejarah yang pilu yang mungkin tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Para penjelajah dan wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi Lembah Harau akan menemukan keajaiban tersembunyi di setiap sudutnya. 

Dikelilingi oleh bukit-bukit curam dan dinding batu pasir yang spektakuler, lembah ini menciptakan suasana yang magis dan mistis.

BACA JUGA:Misteri Alam dan Mitos Lembah Harau, Jejak Sejarah Pilu yang Tersembunyi DIbalik Keindahan

Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. 

Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 meter hingga 300 meter.

Sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926.

Menyaksikan hamparan sawah yang indah, itu hal yang sudah biasa.

BACA JUGA:Misteri Kujang Gunung Padang, Batu Alam Aneh atau Artefak Leluhur?

Namun, jika hamparan sawah itu diapit oleh tebing tebing tegak lurus menjulang setinggi sekitar 150 meter hingga 200 meter, orang pasti akan berdecak kagum.

Pemandangan itu bisa dilihat di Lembah Harau, Keindahan masih bertebaran di dataran tingginya. Di sana ada cagar alam dan suaka margasatwa. Lembah Harau seluas 270,5 hektare/2.705 km² .

Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993.

Di cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau terdapat berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, plus sejumlah binatang langka asli Sumatra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: