Menelisik Misteri Gunung Arjuno, Salah Satunya Ada Mitos Suara Gamelan Ngunduh Mantu

Menelisik Misteri Gunung Arjuno, Salah Satunya Ada Mitos Suara Gamelan Ngunduh Mantu

Menelisik Misteri Gunung Arjuno, Salah Satunya Ada Mitos Suara Gamelan Ngunduh Mantu -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Arjuno, merupakan salah satu gunung yang tertinggi di Jawa Timur. Selain itu, gunung ini dikenal dengan penuh misteri bagi para pendaki.

Mitos yang beredar, di Gunung Arjuno terdapat sebuah pasar setan atau sebuah pasar yang dihuni oleh makhluk gaib. Menurut warga sekitar, terdapat suara gamelan yang ada di gunung tersebut merupakan salah satu kegiatan makhluk gaib, yaitu unduh mantu.

Para pendaki dapat menikmati keindahan alam ketika mendaki puncak gunung. Selain keindahan alam, ada juga kisah misteri, candi, dan tempat bersejarah di gunung ini. 

Dahulu, Gunung Arjuno menjadi pusat pemerintahan kerajaan Majapahit. Mengutip dari salsawisata.com, dalam Gunung Arjuno terdapat situs bersejarah Goa Antaboga atau Onto Boego. 

BACA JUGA:Peneliti Temukan Batu Berbentuk Senjata Khas Jawa Barat, Mungkinkah Peninggalan Leluhur Kerajaan Disana?

Goa tersebut dipakai tempat pertapaan Naga Hyang Antaboga.

Ada beberapa arca yang dikeramatkan penduduk sekitar. Terdapat candi Sepilar yang tersusun 9 arca penjaga dan 5 arca Pandawa. 

Situs bersejarah ini berhubungan dengan kisah pewayangan Pandawa. Selain situs bersejarah, gunung ini juga menyimpan cerita mistis atau misteri yang dipercaya pendaki dan masyarakat. Misteri Gunung Arjuno ini juga diketahui para pendaki. 

Misteri Gunung Arjuno

BACA JUGA:Koin Kuno Itu Ternyata Perunggu Berelief Yang Ditemukan di Situs Gunung Padang, Ayo Tebak Fungsi dan Usianya?

1. Banyak Petilasan 

Petilasan berasal dari kata dasar telas, artinya suatu tempat yang pernah disinggahi atau didiami seseorang. Mengutip dari stekom.ac.id, petilasan menjadi tempat beristirahat dalam pengembaraan dan pertapaan. 

Petilasan dikaitkan dengan legenda dalam masyarakat.

Gunung Arjuno terdapat banyak petilasan antara lain Petilasan Eyang Sri Makutharama, Petilasan Sepilar, Petilasan Eyang Semar, Petilasan Eyang Sakri, Petilasan Eyang Sekultram, Petilasan Eyang Abilasa, dan Petilasan Eyang Antaboga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: