AL Turki Diperkuat TCG Akhisar, Dilengkapi Rudal Hanud, Luar Biasa

AL Turki Diperkuat TCG Akhisar,  Dilengkapi Rudal Hanud, Luar Biasa

Foto : Kapal perang angkatan laut Turki.-AL Turki Diperkuat TCG Akhisar, Dilengkapi Rudal Hanud, Luar Biasa-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Untuk urusan pertahanan maritimnya, Turki sepertinya tidak main konsennya

Sebab, selain pembangunan frigat Istanbul class, Angkatan Laut Turki juga akan diperkuat oleh kapal perang jenis OPV (Offshore Patrol Vessel) produksi dalam negeri, yakni Hisar class.

Dan unit pertama Hisar class – TCG Akhisar (P-1220) dikabarkan telah siap untuk diluncurkan dari Istanbul Naval Shipyard.

Pembangunan OPV karya anak bangsa ini terbilang cepat, hanya 15 bulan setelah pemotongan plat baja, kini sebagian besar peralatan dan sistem propulsi pada TCG Akhisar telah terpasang dan kapal siap dilluncurkan dalam sebuah seremoni.

BACA JUGA:Super Canggih, Kapal Perang Israel Dilengkapi Sistem Hanud Berbasis Laser

Upacara pemotongan plat baja TCG Akhisar berlangsung pada 15 Agustus 2021, sementara model skala pertama kali dipamerkan di pameran IDEF 2021 di Istanbul antara 17 -21 Agustus 2021.

Pada April 2022, Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan bahwa pembangunan blok kapal utama kelas tersebut, TCG Akhisar telah dimulai di Istanbul Naval Shipyard

Di bawah Offshore Patrol Vessel Project,, yang dimulai untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Turki, dicanangkan pembangunan 10 unit OPV Hisar class. Kapal pertama dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2023.

Kapal ini dikembangkan sebagai varian dari korvet Milgem class. OPV Hisar class telah didesain ulang dengan sistem propulsi utama yang berbeda dan konsep tata letak struktural yang berbeda, yang memungkinkan untuk proses pembangunan kapal dengan waktu lebih singkat dan biaya yang lebih murah.

BACA JUGA:Pertahanan TNI AL Semakin Kuat, Uji Peluncuran Rudal Hanud Mica Naval

Misi utama OPV Hisar class adalah menunjang misi intelligence, surveillance, and reconnaissance (ISR), search and rescue (SAR), kontraterorisme, maritime interdiction operations (MIO), dan operasi khusus maritim.

Misi lainnya termasuk operasi udara angkatan laut, perang elektronik dan akustik, bantuan tembakan ke permukaan, pertahanan terhadap ancaman asimetris, perlindungan lalu lintas maritim, dan dukungan serta pelatihan untuk operasi amfibi.

Seperti halnya pengadaan kapal perang di Indonesia, OPV Hisar class dibangun menggunakan konsep FFBNW (Fitted for but not with), yang memungkinkan integrasi sistem senjata dan sensor asli yang baru dikembangkan.

Hisar class dapat menampung total 104 awak dan memiliki jangkauan 4.500 mil laut (8.334 km) dengan sistem propulsi utama CODELOD (COMbined Diesel-eLectric or Diesel).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: