Wow! Ini Dia Keajaiban Batu Macan di Gunung Padang, Simak Penjelasannya

Wow! Ini Dia Keajaiban Batu Macan di Gunung Padang, Simak Penjelasannya

Wow! Ini Dia Keajaiban Batu Macan di Gunung Padang, Simak Penjelasannya --

PAGARALAMPOS.COM - Punden berundak situs megalitikum Gunung Padang yang berusia belasan ribu tahun sebelum Masehi dan terletak di desa Karyamukti, Campaka, Cianjur, Jawa Barat menyimpan sejuta misteri yang belum terungkap hingga kini.

Salah satu yang menghebohkan tahun lalu, adalah penemuan batu yang memliki tapak kaki harimau. 

Gunung Padang adalah sebuah situs purba yang berasal dari era Megalitikum yang fenomenal di Jawa Barat, Indonesia.

Megalitikum mengacu pada zaman Batu Besar, salah satu babak penting dalam sejarah prasejarah.

BACA JUGA:Tapak Harimau Gunung Padang, Merupakan Keajaiban Tersembunyi Situs Tanah Air? Simak Disini

Situs Gunung Padang terletak di Desa Karya Mukti, Campaka, Cianjur Selatan, dengan jarak sekitar 33 kilometer dari pusat Kota Cianjur.

Saat memasuki lokasi situs, pengunjung akan melewati sederet anak tangga batu sebanyak 378 buah untuk mendekati Gunung Padang.

Secara keseluruhan, Gunung Padang memiliki lima teras yang terlihat dari struktur permukaannya. Setiap teras dilengkapi dengan susunan menhir, yaitu batu tunggal berdiri yang terbuat dari batuan andesit.

Salah satu batu besar yang menarik perhatian pengunjung adalah batu macan. Pada batu tersebut terdapat ukiran yang menyerupai jejak kaki, mirip telapak kaki macan dewasa.

BACA JUGA:Misteri Batu Tapak MaUng Situs Gunung Padang, Mitos Harimau Kah? Ternyata Ini Filosofinya

Di dekat batu tersebut terdapat tulisan "Batu Tapak Maung" yang berarti telapak kaki harimau atau macan dalam bahasa sunda.

Sejak ditemukan pertama kali oleh NJ Krom pada tahun 1914, Gunung Padang telah dianggap sebagai situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan American Geophysical Union 2018, Gunung Padang dianggap sebagai bangunan bersejarah tertua di dunia.

Bagi para pengunjung yang beruntung, mereka dapat menginjakkan kaki dan menyaksikan secara langsung keajaiban Gunung Padang dari dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: