Indonesia Dan Irlandia Memiliki Persamaan? Inilah Situs Megalitikum Yang Terkenal Di 2 Negara Ini

Indonesia Dan Irlandia Memiliki Persamaan? Inilah Situs Megalitikum Yang Terkenal Di 2 Negara Ini

Indonesia Dan Irlandia Memiliki Persamaan? Inilah Situs Megalitikum Yang Terkenal Di 2 Negara Ini-Ilustrasi-pagaralampos.com

Balok segi enam tersebut semuanya terjadi saat proses pendinginan lava menjadi batuan beku yang umumnya berjenis batu andesit.

Gunung Padang sendiri diperkirakan terbentuk dari hasil pembekuan magma, sisa gunung api purba era Pleistosen Awal, 21 juta tahun lalu.

BACA JUGA:Atlantis Di Indonesia? Ini Beberapa Bukti Tentang Keberadaan Sejarah Peradaban Kuno Ada Di Nusantara Kita

Para pakar menilai, gunung itu adalah sumber alamiah kolom batu penyusun konstruksi situs, terbukti dari berserakannya kolom-kolom batu alamiah yang bukan dari reruntuhan situs yang banyak ditemukan di kaki Gunung Padang.

Dikutip dari sejumlah sumber, batu-batu sejenis bisa dengan mudah digali dari kaki Gunung Padang.

Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran, Prof Dr Adjat Sudrajat memaparkan, Gunung Padang terbentuk dari letusan gunung api purba Karyamukti lebih dari 10.000 tahun lalu. 

Gunung Padang tidak terlepas sebagai rangkaian gunung api-gunung api aktif di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Sederet Fakta Situs Gunung Padang Sehingga Disebut Sebagai Benua Atlantis Yang Hilang! Simak Penjelasannya

"Karena sudah istirahat lebih dari 10.000 tahun maka gunung ini tidak akan menimbulkan bahaya," kata Adjat dalam Seminar Nasional 'Situs Gunung Padang dan Permasalahannya' di Aula PSBJ Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Jadi kontroversi, batuan di Gunung Padang sengaja dibawa dari luar lokasi dan disusun menjadi piramida yang saat ini masih ditelusuri kebenarannya. 

Menurut dia, batuan berjenis basalt dan andesit itu asli dari Gunung Padang yang terbentuk dari hasil letusan gunung api purba.

 "Batuan yang dihasilkan bisa batuan lepas atau padat. Di negara kita letusan akan menghasilkan batuan andesit dan tidak akan membentuk lava cair seperti produk gunung api di Hawai karena gunung api kita berada di jalur andesit," tuturnya.

BACA JUGA:Atlantis Indonesia Dibikin Film Hollywood? Ini Nih Kerennya Situs Gunung Padang Tanah Air


Situs Indonesia Mirip Situs Irlandia? Wisata Gunung Padang Gegerkan Dunia Arkeolog-Kolase-Grid.Id

Dari hasil penelitian, batu-batu balok dan tiang yang terususun di Gunung Padang sebenarnya adalah murni dari alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: