Sukhoi Su-57 Felon Pesawat Tempur Andalan Rusia, Seperti Penampakannya

Sukhoi Su-57 Felon Pesawat Tempur Andalan Rusia, Seperti Penampakannya

PAGARALAMPOS.COM - Setelah sebelumnya kami kabarkan bahwa arsenal persenjataan untuk jet tempur stealth Sukhoi Su-57 Felon telah lengkap, kini ada kabar lanjutan terkait penempur generasi kelima andalan Rusia tersebut.

Yakni terungkapnya Su-57 yang sedang memulai pengujian dengan menggunakan nosel datar pada mesin barunya.

Sepenggal informasi didapatkan dari pers Rusia tentang pengujian versi baru pesawat tempur multirole Su-57, yang disebut menerima “mesin generasi keenam” dengan nosel datar yang dibekali vektor dorong variabel (variable thrust vector).

Dikutip dari bulgarianmilitary.com (2/7/2023), sepintas apa yang terlihat adalah hasi pengembangan lebih lanjut dari “Izdelie 30” atau “mesin tahap kedua”, yang menjalani uji terbang pada periode tahun 2017-2018 pada Su-57.

BACA JUGA:Jet Tempur TNI AU Ditempeli Dua Pucuk Senjata Baru, Mampu Membidik Target Darat 6.000 Meter

Sementara itu, untuk flat-nozzle power plant, publikasi berita mengutip slide dari presentasi United Engine Corporation (UEC), yang melaporkan bahwa di bawah “Mesin NTRP Generasi ke-6” tidak hanya pengembangan nosel datar sedang berlangsung.


Foto : Bagian belakang pesawat tempur Sukoi.-Sukhoi Su-57 Felon Pesawat Tempur Andalan Rusia, Seperti Penampakannya-Indomiliter.com

Tetapi pembuatan bantalan kinerja tinggi, elemen “turbin keramik” yang disokong sistem kelistrikan canggih.

Disebutkan juga pembuatan pembangkit listrik dengan mesin tiga sirkuit memungkinkan peningkatan signifikan (hingga 12,5 persen) dalam efisiensi bahan bakar efektif pada kecepatan subsonik.

UEC memberikan slide lain terkait adopsi nosel baru, dikatakan 90 persen bagian nosel dibuat dari teknologi aditif, yaitu dicetak pada printer 3D khusus.

BACA JUGA:Tingkatkan Patroli Maritim, TNI AU Latihan Albatros Ausindo 2023 di Darwin Australia

Beberapa perusahaan asal Rusia disebut telah bergabung dalam pengembangan nosel baru ini, seperti Lyulka, Salyut, ODK-Saturnus, LMZ, NIID, TsAT dan CNIITMASH.

Pengujian berhasil dilakukan di TsAGI, ITPE RAN. Dan kemudian foto Su-57 lepas landas dengan nosel datar baru telah dipublikasikan ke media sosial.

Nozel datar pada jet tempur siluman generasi kelima menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan jenis nosel standar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: