Peradaban Manusia Tertua, inilah 3 Fakta Menarik Gunung Padang yang Harus Kamu Ketahui

Peradaban Manusia Tertua, inilah 3 Fakta Menarik Gunung Padang yang Harus Kamu Ketahui

Peradaban Manusia Tertua, inilah 3 Fakta Menarik Gunung Padang yang Harus Kamu Ketahui -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Hasil pengeboran tim Peneliti Bencana Katastropik Purba (BKP) menunjukkan pada kedalaman hingga 20 meter ditemukan jejak hasil buatan manusia.

Situs megalitik Gunung Padang di Cianjur, yang diperkirakan dibangun pada 1500-1000 sebelum masehi, adalah Situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara dan merupakan contoh bangunan masa prasejarah punden berundak dalam skala besar.

Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian pada di Lapisan 1 Gunung Padang yang berusia sekitar 500 Sebelum Masehi (SM), dan Lapisan 2 yang berusia sekitar 5200 SM.


Peradaban Manusia Tertua, inilah 3 Fakta Menarik Gunung Padang yang Harus Kamu Ketahui -Foto: net-

BACA JUGA:Misteri Ajisaka Pahlawan yang Hilang dalam Kabut Waktu, Ternyata Miliki Kekuatan ini!

Hasil analisis kimia pada material pengisi dalam hal ini susunan balok batu tersebut cukup mencengangkan karena didapatkan kadar mineral besi yang jauh.

Dibandingkan kadar besi alamiah yang pada umumnya hanya lima persen pada pertambangan bijih besi alami. 

Komposisi mineral besi tersebut ternyata terak logam yang dihasilkan dari sisa-sisa pembakaran oleh masyarakat masa lalu.


Jadi Situs Tertua, inilah Daya Tarik Gunung Padang Jadi Incaran Para Arkeolog Dunia -Foto: net-

BACA JUGA:Entah Hilang Kemana? 3 Pendekar Sakti di Pulau Jawa ini Tak Pernah Ditemukan Hingga Saat ini

Menurut hasil analisis C14 di laboratorium Badan Atom Nasional (BATANl) berusia 5900 SM. Pembakaran dilakukan diperkiraksn dengan temperatur minimal 600 derajat selsius dimasa itu.

Wajar saja, buku terbitan Change Publication yang diluncurkan pada 28 Januari 2014 tersebut memberikan jawaban keragu-raguan yang menimbulkan kontroversi dan penolakan sejumlah pihak.

Baik para peneliti, ahli, ilmuwan lain, dan masyarakat terhadap hasil penelitian Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang.

Yang menyebutkan terdapat struktur prasejarah yang jauh lebih besar dari Candi Borobudur dan berusia jauh lebih tua dari Piramida di Giza, Mesir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: