Di Balik Megahnya Gunung Kerinci Miliki Cerita Tersembunyi yang Mengahantui Pendaki, Apa Saja?

Di Balik Megahnya Gunung Kerinci Miliki Cerita Tersembunyi yang Mengahantui Pendaki, Apa Saja?

Di Balik Megahnya Gunung Kerinci Miliki Cerita Tersembunyi yang Mengahantui Pendaki, Apa Saja?-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Kerinci, terletak di perbatasan Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, merupakan salah satu Gunung yang paling menarik di Indonesia.

Dengan ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut, Gunung Kerinci merupakan gunung api aktif tertinggi di Indonesia di luar Papua.

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) menjadi tempat perlindungan bagi gunung ini, dengan luas mencapai 1,3 juta hektar.

Salah satu daya tarik utama Gunung Kerinci adalah Danau Gunung Tujuh, yang terletak di ketinggian 1.996 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:Pantas Saja Para Peneliti Dunia Berbondong ke Gunung Padang, Ternyata Ada Situs Megalit yang Sangat Besar

Danau ini juga dikenal sebagai salah satu danau vulkanik tertinggi di Asia Tenggara. Keindahan alam danau yang mempesona ini membuat Gunung Kerinci menjadi destinasi favorit para pendaki dan pengunjung.


--

TNKS juga memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Di dalamnya, terdapat berbagai flora dan fauna khas Sumatera yang unik dan jarang ditemui.

Gajah, badak Sumatera, harimau, beruang madu, kus-kus, tapir, macan tutul, siamang, gibbon, monyet ekor panjang, dan 140 jenis burung hidup di sini.

Anda juga dapat menemukan pohon mahoni, tumbuhan raksasa Rafflesia Arnoldi, dan Suweg Raksasa Amorphophallus Titanum yang memukau.

BACA JUGA:Menjadi Sasaran Arkeolog Dunia! Berikut Inilah Fakta Mencengangkan Gunung Padang

Keindahan dan keunikan TNKS membuatnya diakui oleh UNESCO sebagai Asean Heritage Site dan World Heritage Site sejak tahun 2004.

TNKS secara resmi diakui sebagai The Tropical Rainforest Heritage of Sumatera (TRHS) pada tahun 2006, menjadikannya salah satu tempat pelestarian alam yang penting di dunia.

Gunung Kerinci juga memiliki sejumlah mitos dan legenda yang menambah daya tariknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: