Fakta Menarik! Ternyata 4 Suku di Sumatera Selatan Ada Keturunan Tionghoa

Fakta Menarik! Ternyata 4 Suku di Sumatera Selatan Ada Keturunan Tionghoa

PAGARALAMPOS.COM - Indoneisa Terkenal akan semboyan Bhinneka tunggal ika nya, yang memliki makna yang mendalam yaitu Keberagaman yang bersatu,Toleransi dan saling menghormati 

dengan kata lain " Berbeda - Beda tetapi tetap satu jua" 

Indonesia memliki berbagai macam, agama, bahasa, suku, dan adat istiadat di setiap daerahnya, salah satunya di Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan terkenal dengan keanekaragaman suku yang tetap mempertahankan tradisi dan adatnya namun tetap hidup berdampingan dengan suku lain.

BACA JUGA:Benarkah Satu Suku di Sumatera Selatan Ini Banyak Keturunan Tionghoa? Begini Selengkapnya!

Salah satu suku dengan sejarah yang unik adalah suku Palembang yang muncul dari gabungan suku Arab, Cina, Jawa dan lainnya.

Ketika orang Tionghoa pertama kali tiba di Palembang, mereka menetap di sepanjang Sungai Musi, yang kemudian menyebabkan percampuran penduduk lokal dan Tionghoa melalui perkawinan campuran.

Akibatnya, suku Palembang didominasi oleh keturunan Tionghoa.

Kehadiran keturunan Tionghoa dalam suku Palembang menambah kekayaan budaya dan sejarah provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Gak Nyangka! Ternyata Suku di Sumsel Ada yang Keturunan Tionghoa Loh

Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, etnis hingga suku yang berbeda-beda.

Luas wilayah tersebut dihuni dengan jumlah populasi penduduk yang cukup besar, yaitu mencapai 8.551 jiwa per tahun 2021.

Suku yang ada di provinsi Sumatera Selatan juga banyak seperti, Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau dan masih banyak suku lainnya.

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: