Majapahit Tak Bisa Tapi Kesultanan Banten Bisa Taklukkan Pajajaran? Ini Sebabnya!

Majapahit Tak Bisa Tapi Kesultanan Banten Bisa Taklukkan Pajajaran? Ini Sebabnya!

Majapahit Tak Bisa Tapi Kesultanan Banten Bisa Taklukkan Pajajaran? Ini Sebabnya!-tangkapan layar-Timetoast

PAGARALAMPOS.COM - Pada Cerita zaman dahulu, diketahui kesultanan Banten konon beberapa kali merencanakan skenario serangan. Tercatat ada tiga kali usaha Banten menguasai Kerajaan Pajajaran, dimana upaya menguasai Pajajaran.

Diketahui Kerajaan Banten merupakan bagian dari koalisi kesultanan Islam Demak dan Cirebon. Dimana Banten yang berhasil dikuasai pasukan Demak dan Cirebon, atas petunjuk Syarif Hidayatullah pusat pemerintahan Banten Girang dipindahkan dari pedalaman ke dekat pelabuhan Banten.

Di sisi lain, berdirinya Kerajaan Banten membuat Kerajaan Pajajaran kian terusik. Dikisahkan pada buku "Hitam Putih Pajajaran : Dari Kejayaan Hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" dari tulisan Fery Taufiq El Jaquenne, Pajajaran tak memiliki kedekatan dengan Banten, apalagi sebelumnya merupakan daerah kekuasannya.

Saat itu Pajajaran dipimpin oleh Surawisesa, pasca rajanya Prabu Siliwangi mangkat. Di saat itulah, beberapa kali terjadi pergolakan di wilayah - wilayah kerajaan kecil di sekitar Pakuan yang awalnya kerajaan bawahan. Tetapi oleh Surawisesa berhasil ditangani dengan susah payah.

BACA JUGA:Oh Bukan Orang Indonesia. Ternyata Ini Sosok Pertama yang mengupas Tabir Misteri Situs Padang?

Tapi Anehnya, Meskipun Pajajaran tidak bisa ditaklukan oleh Majapahit, kerajaan ini hilang akibat diserang oleh Kesultanan Banten.

Inilah penyebab utama runtuhnya Kerajaan Pajajaran, akibat  adanya serangan dari kerajaan Sunda yang lain-nya, yaitu Kesultanan Banten.

Kerajaan Pajajaran dikenal juga dengan nama lain yakni, Kerajaan Sunda atau Negeri Sunda atau disebut Pasundan.

Letak kerajaan ini di masa lampau bukanlah terletak di Bandung yang kini menjadi Ibu Kota Jawa Barat, melainkan di Pakuan atau saat ini Bogor.

Tapi harus diketahui, Bukannya Majapahit tidak pernah menyerang Padjadjaran tapi dari catatan sejarah Majapahit pernah menyarang Padjadjaran habis-habisan.

BACA JUGA:Pajajaran Hancur Ditangan Kesultanan Banten! Kok Bisa? Majapahit Saja Gagal! Begini Ceritanya!

Tragedi perang ini dikenal dikalangan sejarawan adalah tragedi perang Bubat yang sampai saat ini menjadi catatan hitam hubungan Majapahit dan Pajajaran.

Kedua kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara ini pernah bertarung karena ambisi Gajah Mada.

Kembali keruntuhnya Pajajaran, hal ini dikarenakan dorongan Kesultanan Banten untuk menyerang Kerajaan Pajajaran adalah karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan wilayah Kerajaan Pajajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: