Pertemuan SOMTC, Bahas 3 Kejahatan Lintas Negara, Apa Saja Itu

Pertemuan SOMTC, Bahas 3 Kejahatan Lintas Negara, Apa Saja Itu

Foto : Pertemuan SOMTC, Bahas 3 Kejahatan Lintas Negara, Apa Saja Itu.--Humas Polri

YOGYAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Indonesia jadi tuan rumah Pertemuan Senior Officials Meeting on Transnational Crimes (SOMTC) ke-23. 

Bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Selasa (20/6/2023), pertemuan diikuti perwakilan negara di kawasan Asean.

Dengan fokus agenda pembahasan, terkait tiga kasus utama kejahatan lintas negara atau transnational crime di kawasan ASEAN.

Kegiatan SOMTC yang berlangsung pada 19-24 Juni 2023 ini dihadiri perwakilan 10 negara ASEAN dan tambahan satu observer dari Timor Leste. 

BACA JUGA:Gelar Temu Kangen, Kapolres Pagar Alam Begini Pesannya Kepada Purnawirawan dan Warakawuri

Kemudian ada negara mitra dialog seperti China, Jepang, Korea Selatan, Australia, Kanada, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan beberapa negara lain.

“Kegiatan SOMTC kali ini adalah pertemuan para penegak hukum untuk membicarakan pemberantasan, kerja sama, dan juga melakukan upaya-upaya penegakan hukum terhadap kejahatan transnational crime,” kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo usai membuka SOMTC.

Dijelaskan Kapolri, ada beberapa kejahatan lintas negara. Utamanya seperti kasus terorisme, narkotik, dan yang saat ini menjadi sorotan yaitu tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

“Dalam pertemuan KTT ASEAN kemarin ini juga menjadi penekanan Bapak Presiden terkait dengan pemberantasan TPPO,” ujar Jenderal Pol Listyo.

BACA JUGA:Sulit Dipercaya! Ternyata Gunung Padang Miliki Aset Berharga yang Tak Ternilai

“Kita inginkan kegiatan kali ini, meeting yang dilaksanakan para penegak hukum," ucal dia.

Dan tentunya bisa melahirkan keputusan-keputusan teknis yang bersifat operasional khususnya di dalam upaya penegakan hukum.

Jenderal Pol Listyo mengatakan, hasil pertemuan SOMTC ke-23 akan diajukan untuk diadopsi pada pertemuan tingkat menteri yaitu ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crimes (AMMTC) ke-17 yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo pada Agustus 2023.

“Rumusan-rumusan yang didapatkan dalam SOMTC ini kemudian nanti akan kita tandatangani pada saat pertemuan AMMTC di Labuan Bajo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: