Inilah Suku-Suku yang Ada di Sumatera Selatan, Nomor 4 Keturunan Majapahit

Inilah Suku-Suku yang Ada di Sumatera Selatan, Nomor 4 Keturunan Majapahit

Inilah Suku-Suku yang Ada di Sumatera Selatan, Nomor 4 Keturunan Majapahit-Foto : net-

PAGARALAMPOS.COM - Pulau Sumatera terbagi menjadi beberapa provinsi, salah satunya adalah Sumatera Selatan. Provinsi ini merupakan rumah bagi beberapa suku yang berbeda, seperti suku Pasemah terletak di kota Pagaralam. 

Suku Pasemah juga memiliki nama lain yaitu Basemah dan juga Besema. 

Suku Pasemah diyakini telah menetap di tanah Sumatera sejak ratusan tahun yang lalu. Suku ini sebenarnya terdiri dari tiga suku yaitu Gumay, Semidang dan Pasemah. 

Mereka datang secara bergiliran, didahului  suku Gumay, disusul  dua suku lainnya, yakni Semidang dan Pasemah. Daerah yang mereka pilih untuk ditinggali adalah  hulu Sungai Lematang dan Lembah Dempo. 

BACA JUGA:Menakjubkan! Inilah Sosok Arsitek dari Kemegahan Situs Gunung Padang

Lokasi tersebut dipilih karena tanahnya yang subur  cocok untuk berkebun. Ada  teori lain  tentang sejarah suku Pasemah, yang menyatakan bahwa nenek moyang suku Pasemah adalah 7 anak yang masih merupakan keturunan raja Majapahit

Kalian ingin tahu suku apa saja yang ada di Sumsel?. Nah berikut ini kami sajikan beberapa suku yang ada di Sumsel, Simak ya!

1. Suku Komering

Komering merupakan salah satu suku atau wilayah budaya di Sumatra Selatan, yang berada di sepanjang aliran Sungai Komering. 

Seperti halnya suku-suku di Sumatra Selatan, karakter suku ini adalah penjelajah sehingga penyebaran suku ini cukup luas hingga ke Lampung. 

BACA JUGA:Lantak! Ternyata Suku Semendo Keturunan Banten, Ini Asal Usulnya

Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar: Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayu Agung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

Suku Komering terbagi beberapa marga, di antaranya marga Paku Sengkunyit, marga Sosoh Buay Rayap, marga Buay Pemuka Peliyung, marga Buay Madang, dan marga Semendawai. 

Wilayah budaya Komering merupakan wilayah yang paling luas jika dibandingkan dengan wilayah budaya suku-suku lainnya di Sumatra Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: