Kental Akan Sejarah, Inilah 3 Kesenian Asli Kerajaan Majapahit Yang Memiliki Kisah Mistis

Kental Akan Sejarah, Inilah 3 Kesenian Asli Kerajaan Majapahit Yang Memiliki Kisah Mistis

Kental Akan Sejarah, Inilah 4 Kesenian Asli Kerajaan Majapahit Yang Memiliki Kisah Perjuangan-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Majapahit sangat populer dalam ceriita sejarah di Indonesia bahkan ke berbagai belahan dunia.

Dalam sejarah, Majapahit tercatat sebagai salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di nusantara. 

Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada sekitar abad ke-12 Masehi di Jawa Timur, dan mencapai puncak keemasan saat masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk pada tahun 1350 hingga 1389.

Seni budaya masa Majapahit tersebut beragam jumlahnya sebut saja tarian, wayang beber, jatilan dan beberapa kesenian khas Majapahit hingga kini masih bertahan. 

BACA JUGA:Sampai Majapahit Runtuh Abad 16, Padjadaran Tidak Juga Bisa Ditaklukan, Inikah Starteginya?

Bahkan seni budaya Majapahit tidak hanya mampu melahirkan kesenian semata melainkan juga seni sastra, puisi hingga seni terakota, seni pahat serta seni patung. 

Seni budaya dimasa Majapahit muncul ke permukaan yang jumlahnya beragam mencapai puluhan seperti: tarian bedhana surya, tarian bentengan, tarian golek sedayung dan puluhan lainnya.

Menariknya seni budaya majapahit mampu menciptakan kesenian rakyat atau tradisional bersifat adi luhung diantaranya kesenian reog misalnya.

Terbentuk bermula dari sikap Ki Ageng Sunu yang memberontak Bhre Kerthabumi kemudian membentuk kesenian reog selanjutnya wayang beber yang juga kesenian peninggalan majapahit. 

BACA JUGA:Menguak Misteri 4 Makam Misterius di Puncak Gunung Salak, Ternyata Ini 4 Nama Makam Tersebut

Wayang beber berbentuk lembaran bergambar kemudian dibeberkan selanjutnya jatilan sekilas seperti drama tari yang melukiskan kegagahan prajurit majapahit dalam berperang dipadu dengan magis atau kesurupan.

Bahkan, hingga sekarang budaya peninggalan kerajaan majapahit ini telah dijadikan dalam berbagai bentuk, misalnya kesenian atau adat istiadat kehidupan bermasyarakat. 

Budaya peninggalan ini merupakan wujud dari rasa andarbeni yang begitu kuat tertanam dalam hati masyarakat.

Beberapa budaya peninggalan kerajaan Majapahit, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: