Ekspansi Majapahit ke Semenanjung Malaya, Percaya Nggak, Pancuran Singapura Tiru Candi Belahan

Ekspansi Majapahit ke Semenanjung Malaya, Percaya Nggak, Pancuran Singapura Tiru Candi Belahan

Kapal Jung, Simbol Kekuatan Maritim Majapahit yang Mengejutkan Dunia pada Masa Kejayaannya-colase-net

PAGARALAMPOS.COM - Kisah kejayaan Majapahit hingga kini masih harum terdengar. Bahkan, mitos-mitos tersebut menghadirkan misteri yang sulit dipecahkan. 

Kejayaan Majapahit di zaman itu, Nusantara menyatu dalam panji-panji kejayaannya. Majapahit yang didirikan Raden Wijaya, menjelma menjadi kekuatan adidaya di muka bumi.

Wilayah kekuasaannya membentang di kepulauan Nusantara. Konon, angkatan Laut Majapahit sangat kuat, sehingga disebut sebagai Talasokrasi atau Penguasa Laut.

Bahkan ekspansi Majapahit juga merambah ke kerajaan di Semenanjung Malaya (Malaysia dan Brunei), Tumasik (Singapura), serta sebagian Thailand dan Filipina. 

BACA JUGA:Majapahit Gagal Taklukkan Kerajaan Kecil Padjadjaran! Kok Bisa? Begini Faktanya!

Dikutip dari sejumlah sumber, Guru Besar Arkeologi Asia Tenggara National University of Singapore John N Miksic mengatakan, pengaruh Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur sampai hingga Semenanjung Malaya. Kerajaan Majapahit, lanjutnya, dapat dikatakan menjajah daerah tersebut.

"Dalam kitab Negarakertagama yang ditulis Prapanca, Tumasik (Singapura) juga termasuk dalam jajahan Majapahit," kata Miksic dalam seminar Internasional Epigrafi dan Sejarah Kuna Indonesia di Kampus Universitas Indonesia (UI).

Miksnic menambahkan, kerajaan di Semenanjung Malaya mencari perlindungan dengan tunduk pada raja Jawa.

Sebenarnya, lanjutnya, sejak masa Raja Kertanegara dari Singasari, semenanjung Malaya telah meminta perlindungan raja Jawa itu.

BACA JUGA:Majapahit Sang Penguasa Lautan, Miliki Kapal Perang Berukuran Raksasa? 

Namun, puncak dari hal tersebut diketahui terjadi pada masa raja-raja Majapahit. 

Menurutnya, dominasi Jawa di Semenanjung Malaya dapat diketahui dari peninggalan arkeologis di tempat tersebut.

Peninggalan arkeologi lebih memperlihatkan pengaruh Majapahit di Semenanjung Malaya yang sangat kuat.

Di wilayah Melayu ditemukan artefak berupa kesenian bermotif Jawa. Bentuknya adalah arca Kala Makara dan Dewi Prajnaparamita yang memperlihatkan ciri kesenian khas Jawa Majapahit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: