Latgab TNI 2023 di Manokwari Selatan, Ternyata Lokasiinya Seperti Medan Tempur

Latgab TNI 2023 di Manokwari Selatan, Ternyata Lokasiinya Seperti Medan Tempur

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Latihan Gabungan (Latgab) TNI TA. 2023 siap digelar. Untuk wilayah Kogabwilhan III, Latgab direncanakan akan dilaksanakan di salahsatu wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Menyikapi rencana tersebut, Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema SSos., menyatakan bahwa Kodam Kasuari siap mendukung sepenuhnya Latgab TNI TA. 2023. 

Sebagai tindak lanjut, Asisten Operasi (Asops) Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Aswin Kartawijaya, mengatakan bahwa tahapan pertama Latgab TNI TA. 2023 diawali dengan menerima rombongan Kodiklat TNI, pada Sabtu, (27/5/2023) lalu, di Makodam Kasuari, Manokwari, Papua Barat.

Kedatangan rombongan dari Kodiklat TNI yang dipimpin langsung oleh Brigjen TNI Khairul Anwar selaku Direktur Latihan Kodiklat TNI.

BACA JUGA:Teleconfrence Kemerdekaan Pers, Awak Media di Pagar Alam Dengarkan Arahan Divhumas Polri

Pada kesempatan tersebut, langsung disambut oleh Pangdam, Kasdam, Irdam dan para Staf Ahli Pangdam serta para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari di ruang Yudha.

 Yang dilanjutkan dengan briefing awal dalam rangka peninjauan terhadap medan yang akan digunakan dalam Latgab TNI TA. 2023.

"Peninjauan daerah latihan yang dilaksanakan selama dua hari lamanya (28-29 Mei 2023) di daerah Manokwari Selatan, akan menjadi salah satu pertimbangan kapan Latgab diselenggarakan. 

Namun dari segi kesiapan semua Angkatan dan personel yang dilibatkan, sampai dengan saat ini masih dalam proses perumusan,” ungkap Asops.

Menurutnya, pemilihan Manokwari Selatan sebagai daerah Latgab, karena lokasinya dinilai strategis dan memiliki areal yang cukup guna mendukung Latgab. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Sekedar Tempat Healing, Gunung Bromo Juga Memiliki Peninggalan Makam Para Wali

Disana juga terdapat medan latihan yang sesuai dengan materi latihan yang akan dimainkan.

Tidak hanya itu, juga memiliki nilai karakteristik daerah operasi yang akan dilaksanakan.

Tujuan dari Latgab ini adalah meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan para prajurit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: