Menteri Basuki Tekankan Kualitas Aspek Bendungan Jragung di Semarang

Menteri Basuki Tekankan Kualitas Aspek Bendungan Jragung di Semarang

Menteri Basuki Tekankan Kualitas Aspek Bendungan Jragung di Semarang-tangkapan layar-pu.go.id

Semarang, PAGARALAMPOS.COM – Mengawali kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Jumat 19 Mei 2023.

Dalam tinjauan tersebut, Menteri Basuki berpesan untuk memperhatikan kualitas pada aspek teknis, estetika dan keberlanjutan lingkungan dalam menyelesaikan Bendungan Jragung. 

"Tolong perhatikan teknis geologinya dalam pelaksanaan pembangunan. Hati-hati dengan kondisi pasir di atas lempung, waspadai jika terjadi longsor. Metodologi konstruksinya juga harus hati-hati," kata Menteri Basuki. 

Ditambahkan Menteri Basuki, untuk menjaga kondisi lingkungan, dalam pelaksanaan pembangunan diusahakan untuk tidak banyak menebang pohon. 

BACA JUGA:Harapkan Tingkat Partisipasi Masyarakat Meningkat

BACA JUGA:Bosen Dengan Gaya Rambut Pixie Mu?, Coba Deh Beralih ke 8 Style Hair Cut Perempuan Ini Agar Tetap Cantik

"Lahan hutan yang tidak kena bagian pembangunan jangan ditebang, estetikanya harus rapi dan bersih, begitu selesai pekerjaan bersih dari sisa-sisa material," ujarnya. 

Menteri Basuki juga berpesan kepada para kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas untuk saling bekerja sama dalam menyelesaikan pembangunan Bendungan Jragung sehingga dapat selesai tepat waktu. 

"Saat ini dengan progres konstruksi sebesar 30%, agar semua kontraktor pelaksana yang ada dapat bekerja sama dengan baik. Meskipun berbeda paket pekerjaan, namun semua satu tim dalam pembangunan Bendungan Jragung," kata Menteri Basuki.

Bendungan Jragung dengan kapasitas tampung 90 juta m3, utamanya akan bermanfaat sebagai sumber air baku bagi wilayah Kota Semarang sebesar 500 liter/detik, Kabupaten Grobogan 250 liter/detik, dan Kabupaten Demak 250 liter/detik, serta menyuplai air bagi daerah irigasi jragung seluas 4.528 hektare di Kabupaten Demak.

BACA JUGA:Kuota CJH Bertambah 15 Orang, Pagar Alam Masuk Gelombang 2 Kloter 14

BACA JUGA:Pagar Alam Telah Terapkan 2 Tilang! Manual dan ETLE

Kontrak pembangunan Bendungan Jragung ditandatangani pada akhir 2020 dan mulai konstruksi pada pertengahan 2021 setelah proses penyiapan lahan. 

Pekerjaan Pembangunan Bendungan Jragung terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan lingkup pekerjaan Paket I dan II berupa pekerjaan galian dan timbunan _main dam_ , perlindungan tebing, _drilling_ dan _grouting_ dan Paket III meliputi pekerjaan jalan akses, pengelak sungai, bangunan pelimpah (spillway),dan pekerjaan lain-lain sepetlrti bangunan Fasilitas Umum (fasum) dan relokasi SUTET 500kV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pu.go.id