Luar Biasa, Jet Tempur F-16 Hasil Upgrade Perkuat Angkatan Udara Turki

Luar Biasa, Jet Tempur F-16 Hasil Upgrade Perkuat Angkatan Udara Turki

Foto ilustrasi, jet tempur F-16 Fighting Falcon.--Indomiliter.com

 

PAGARALAMPOS.COM - Setelah didera isu embargo ‘berjilid-jilid’ oleh Parlemen Amerika Serikat, akhirnya kabar baik menyapa Negeri Ottoman, yakni Angkatan Udara Turki akhirnya telah menerima unit perdana jet tempur F-16 Fighting Falcon.

Alutsista udara ini telah mendapatkan upgrade secara lokal dengan kandungan komponen penting yang juga dipasok oleh perusahaan dalam negeri.

Kabar yang begitu dinanti oleh AU Turki tersebut, menyusul keputusan Amerika Serikat yang telah menyetujui paket modernisasi pertama (Link-16 TDL) untuk F-16 Turki pada awal tahun ini. 

Persisnya, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan beberapa perlengkapan modernisasi yang selama ini diminta oleh Turki.

BACA JUGA:Beli Alutsista Membuat Hutang Luar Negeri Makin Menumpuk, Jadi Gimana Ya

Yang dimaksud persetujuan pertama adalah untuk penjualan kit modernisasi Link-16 Tactical Data Link (TDL) system, atau dikenal juga sebagai “multiple information distribution system” kepada Turki untuk memodernisasi kemampuan komunikasi jet tempur F-16 yang ada.

Dikutip dari thedefensepost.com (22/5/2023), kesempatan emas atas restu dari AS langsung mendapat respon cepat, Turkish Aerospace Industries (TAI) menjadi perusahaan yang menangani upgrade armada F-16 Turki di bawah proyek Ozgur.

AU Turki akan meningkatkan 30-35 unit F-16 Block 30 di bawah fase pertama proyek, diikuti oleh F-16 Block 40 dan 50 di fase berikutnya. 

Sebagai tulang punggung kekuatan udara, saat ini AU Turki mengoperasikan 43 unit F-16 C/D Block 30, 117 unit Block 40, dan 110 unit Block 50. Dengan besarnya populasi F-16, menjadikan AU Turki saat ini begitu bergantung kepada AS.

BACA JUGA:Pesawat Pembawa Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Adana Turki

“Kami mengirimkan F-16 pertama kami, dan mulai sekarang, F-16 kami akan terus melayani angkatan udara kami dengan kemampuan yang jauh lebih maju. Semoga ini menjadi hadiah bagi abad Turki,” kata Presiden Industri Pertahanan Turki, İsmail Demir.

Upgrade F-16 pada proyek Ozgur mencakup pembaruan pada sistem elektro-optik dan avionik, komputer misi nasional (national mission computer), dan perangkat lunak penerbangan operasional. 

Pembaruan tambahan juga mencakup sistem identifikasi teman-musuh (Identification Friend or Foe), inertial navigation systems, interface blinding units, helmet integrated aiming systems, center cockpit indicatordan color multifunction displays – yang sebagian besar akan dipasok oleh industri dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: