Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Sumsel Angkat Bicara Soal Sistem Pemilu

Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Sumsel Angkat Bicara Soal Sistem Pemilu

Partai Ummat Provinsi Sumsel Masih Wait and See/ Foto Ist - Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Sumsel, Dr H Niko Pransisco SH MH.--pagaralampos.com

LAHAT, PAGARALAMPOS.COM - Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Sumsel, Dr H Niko Pransisco SH MH menilai, belum adanya keputusan resmi terkait sistem pemilu apakah akan dilakukan secara terbuka atau tertutup, buat mayoritas partai politik (parpol) saat ini masih wait and see (menunggu dan melihat), alias meraba-raba.

Sehingga banyak kader atau bakal calon legislatif (bacaleg) saat ini, belum terlalu mau menampakkan jati dirinya.

Menurut Niko, lamanya keputusan penetapan sistem pemilu ini, buat sejumlah bacaleg masih ragu-ragu untuk melangkah.

Pasalnya, jika diputuskan gunakan sistem tertutup, kemungkinan besar banyak bacaleg yang tengah bersiap saat ini, mala mengundurkan diri, atau tidak akan terlalu jor-joran mendulang suara.

BACA JUGA:KPU Lahat Disebut Biang Kegaduhan, Warga Gelar Aksi

"Itu kemungkinan yang bisa saja terjadi. Karena itu, saat ini parpol maupun bacaleg masih meraba-raba. Lebih memilih gerakan silent saja," ujar Nico, Jumat (19/5/2023).

Disinggung bagaimana sikap Partai Ummat, terhadap kondisi ini, Nico menegaskan, pihaknya tidak terpengaruh dengan dua sistem itu.

Mau dengan sistem terbuka atau tertutup, Partai Ummat siap jalankan keputusan itu. Namun ada baiknya, jika keputusan penetapan itu bisa segera diumumkan. Karena dua sistem itu, menggunakan pola politik yang berbeda.

"Mau terbuka atau tertutup, semuanya punya kelebihan dan kekurangan. Kalau kita siap mau gunakan sistem apapun, karena kita punya kader yang loyal terhadap partai," sampainya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: