Stakeholder Parekraf Labuan Bajo Berkomitmen Tingkatkan Kapasitas SDM Tumbuhkan Industri MICE

Stakeholder Parekraf Labuan Bajo Berkomitmen Tingkatkan Kapasitas SDM Tumbuhkan Industri MICE

wisata MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition-tangkapan layar-kemenparekraf.go.id

Labuan Bajo, PAGARALAMPOS.COM - Stakeholder dan seluruh unsur pentahelix pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Labuan Bajo, NTT.

Ia berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) guna mewujudkan destinasi pariwisata super prioritas.

Hal itu menjadi tujuan wisata MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) berkualitas dunia. 

Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Masruroh dalam keterangannya, Kamis 11 Mei 2023.

BACA JUGA:Wisata Alam Taman Langit Tangkeban: Alternatif Liburan Seru dengan Suasana yang Asri

Masruroh mengatakan, hal tersebut menjadi salah satu hasil kesepakatan dari Forum Group Discussion (FGD) yang berlangsung beberapa waktu lalu di Poltek eLBajo Commodus. 

FGD tersebut dilakukan dalam rangka mendukung persiapan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023. 

"Peningkatan SDM pariwisata lokal perlu diperkuat agar dapat lebih berperan dalam pengembangan parekraf di Labuan Bajo," ujar Masruroh. 

Selain peningkatan kapasitas SDM, ruang diskusi itu juga merekomendasikan beberapa hal seperti pentingnya kekuatan unsur lokal di seluruh aspek pengembangan parekraf di Labuan Bajo. 

BACA JUGA: Gak Kalah Cantik dengan Pixie Style, Wofl Cut Girl jadi Salah Satu Tren Rambut Pendek Wanita 2023

“Katalog  untuk menonjolkan unique selling point Labuan Bajo sebagai destinasi MICE perlu disiapkan untuk promosi dan pemasaran ke depannya,” ujar Masruroh. 

Tak kalah penting terkait hadirnya regulasi-regulasi yang mendukung agar pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Labuan Bajo benar-benar memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan.  

Saat ini Labuan Bajo sudah memiliki berbagai fasilitas dan infrastruktur MICE yang diharapkan dapat berkontribusi dalam pencapaian target wisatawan mancanegara sebesar 8,5 juta pada tahun ini serta penciptaan 4,4 juta lapangan kerja hingga tahun 2024.

Para unsur pentahelix sepakat dengan semangat CINTA (kerja Cerdas, Integritas, Norma, Tanggung jawab dan Arif) akan menyukseskan KTT ASEAN serta untuk pengembangan MICE di Labuan Bajo ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id